Batam, News, Kepri

Memastikan Tidak Gunakan Narkotika, 29 Kru Pesawat Hang Nadim Batam Diperiksa

Egi | Kamis 31 Dec 2020 12:09 WIB | 1484

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
Bandara/Pelabuhan
Razia


Personel Ditresnarkoba Polda Kepri memperlihatkan hasil pemeriksaan kru pesawat (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Dalam rangka operasi lilin seligi 2020, 29 kru pesawat di Bandara Hang Nadim Batam dilakukan pemeriksaan oleh Ditresnarkoba Polda Kepri pada Kamis (31/12/2020) pagi.


Pemeriksaan ini dipimpin langsung oleh Dirnarkoba Polda Kepri Kombes Pol Muji Supriyadi didampingi oleh Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt dan Kapolresta Barelang AKBP Yos Guntur serta didukung oleh Bandara Hang Nadim Batam.




"Baru saja pagi ini kita melakukan tes narkotika kepada seluruh kru pesawat di Bandara Hang Nadim Batam," ujar Harry yang didampingi Dirnarkoba Polda Kepri setelah pemeriksaan tersebut.


Lanjutnya, ada 29 sampel yang diambil dari kru pesawat, baik pesawat yang landing maupun yang take off dari Bandara Hang Nadim.


"Dari hasil pemeriksaan, dari 29 kru pesawat, tidak ada ditemukannya yang positif narkotika, dan semua hasilnya negatif," ungkapnya.




Harry juga mengatakan, proses pemeriksaan ini kita menggunakan metode baru, artinya kita tidak menggunakan pemeriksaan melalui urin, tetapi kita menggunakan alat yang disupport oleh Bareskrim Polri.


"Pemeriksaan menggunakan metode pemeriksaan air liur. Yang menggunakan proses SWAB. Nama alatnya Drugs Of Abuse Multipanel Test," tuturnya.


Alat ini dalam pemeriksaan sangat efektif, akurasinya sangat tinggi, kemudian hasilnya bisa ditunggu yang mana dapat dilihat langsung oleh petugas.


"Untuk alat ini, akurasinya kurang lebih sekitar 90 persen, dan kita melakukan pemeriksaan ini untuk memberikan rasa aman, nyaman dan jaminan kepada penumpang yang menggunakan transportasi udara," pungkasnya (egi)




Share on Social Media