Batam, Ekonomi, Kepri

Membangun Kejayaan Ekonomi, Kadin Kepri Fokus Program BBK Murah

Egi | Minggu 28 Mar 2021 23:54 WIB | 246

Pemko/Pemda/Pemrov
Gubernur Kepri
Pengusaha
Ekonomi & Bisnis
Kadin


Foto bersama Kadin Kepri dengan PKS Kepri di Lobby Syahid Hotel Batam Center (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Kadin Kepri menjadi salah satu pembicara (narasumber) dalam seminar yang dilaksanakan dalam Rakerwil PKS Kepri dengan tema Songsong Kepri Jaya Membangun Negri.


Ketua Kadin Kepri, Ahmad Makruf Maulana dalam seminar menjelaskan pertanyaan dari moderator Ing. Iskandarsyah, Wakil Ketua DPW PKS Kepri tentang, bagaimana kita membangun kejayaan ekonomi kepri ini.


"Kami selama ini berkecimpung dalam dunia usaha, dan saya berbicara melalui sudut pandang sebagai pelaku dunia usaha, dan saya sendiri juga yang mengalaminya hambatan-hambatan dan apa harapan kedepan yang telah kita beri masukan kepada pemerintah daerah maupun pusat," ujar Makruf dalam seminar di Syahid Hotel pada Sabtu (27/3/2021).


Baru-baru ini saya melihat, dengan adanya pandemi Covid-19, saya berfikir, kita ini manusia makhluk tuhan yang paling cepat bisa beradaptasi.


"Jadi saya selakuĀ  pengusaha, kita harus berfikir positif, bagaimana momentum-momentum dengan adanya covid-19 bisa membangun ekonomi, tanpa adanya berkesenjangan dan bisa berkeadilan," bebernya.


Lanjutnya, saya melihat disebuah negara, seliberal Amerika. Bisa memprotek ekonomi bumi puteranya yaitu Indian.


"Bagaimana Indian, pemerintah Amerika memberi prifilich kepada pengusaha bumi puteranya," tuturnya.


Sekarang negara yang dekat dengan kita bahas, yaitu negara Malaysia. Bagaimana pemerintah mereka memprotek ekonomi bumi puteranya.


"Malaysia memprotek ekonomi bumi puteranya dari segi bunga perbankan saja berbeda, segi tempat usaha juga berbeda. Mereka sudah dikunci di BPN nya.


Intinya, tidak ada yang tidak mungkin. Cuma keterpihakan terhadap kita. Bagaimana kita punya konsep kedepan supaya tidak dilepas bebas kebijakan itu betul-betul kepada ekonomi kerakyatan.


"Kedepan ini, Kadin Kepri lagi fokus bagaimana gabungan Batam Bintan Karimun (BBK) murah bisa terelalisasi. Karena kalau digabung, insyallah loncatan ekonomi akan muncul. Karena kemudahan kepulau-pulau, Batam ke Karimun, Batam ke Bintan, dan lainnya, mungkin akan lebih cepat," tuturnya.


Saya Kadin Kepri, melihat ada sumbatan-sumbatan antara dunia usaha dengan Pemerintah. Ada banyak yang bisa menggerakkan ekonomi, supaya biaya bisa murah di Kepri ini.


"Seperti pemangkasan pajak restoran, dan pajak PPJU, kita berharap ada sesuatu di Kepri ini dimana ada gula, semut akan datang," imbuhnya.


Setelah pelaksanaan seminar yang dilaksanakan dalam Rakerwil PKS Kepri, Ketua Kadin Kepri, Ahmad Makruf Maulana mengucapkan selamat dan sukses kepada PKS Kepri, semoga Rakerwil ini membawa hasil.


"Semoga, dengan dilaksanakannya Rakerwil ini, bisa memberikan masukan-masukan kepada Pemerintah Kepri dan Kabupaten Kota. Rakerwil ini juga bertujuan untuk bagaimana bisa menumbuh kembangkan Kepri. Saya berharap, kedepan kita bisa bergandengan tangan membangun daerah ini untuk bersama-sama menuju Indonesia maju," pungkasnya, (egi)