Batam, News, Kepri

Peringati Hari Donor Darah Sedunia, PMI Apresiasi Pendonor dari Marga Tan Kota Batam

Egi | Minggu 06 Jun 2021 21:48 WIB | 1041

DPRD
Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
PMI


Foto bersama Marga Tan Kota Batam saat gelar aksi donor darah di Kantor PMI Kota Batam (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, jatuhnya pada 14 Juni setiap tahunnya, perkumpulan Marga Tan dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan kegiatan bakti sosial.


Ketua Perkumpulan Marga Tan Kota Batam, Acun Tan mengatakan Hari Donor Darah Sedunia ini dirayakan khusus untuk menyebarkan kepedulian akan keamanan donasi darah.


Peringatan Hari Donor Darah Sedunia ini juga sebagai perwujudan ungkapan rasa terima kasih kepada para pendonor yang secara sukarela mendonorkan darah dan menyelamatkan nyawa orang lain.




"Kita dari Marga Tan mengajak saudara-saudara kita dan seluruh masyarakat Batam untuk bersedia mendonorkan darahnya, mengingat persediaan stok darah di PMI Batam semakin hari semakin berkurang jumlahnya," ujar Acun Tan pada Minggu (6/6/2021) di Kantor PMI Kota Batam.


Dikatakannya, dalam aksi donor darah kali ini pihaknya mengusung tema donorkan darahmu, agar kehidupan dunia terjaga. Aksi ini digelar mulai dari tanggal 6-14 Juni 2021, yang dilaksanakan di Kantor PMI Kota Batam.


"Nantinya, setiap pendonor akan mendapatkan bingkisan souvenir dan juga beras 5 kilogram. Target kami perharinya bisa mengumpulkan sebanyak 200 kantong darah," bebernya.


Lanjutnya, melalui aksi donor darah ini pihaknya berharap bisa menambah ketersediaan stok darah di PMI Batam. Karena, sebagaimana yang kita ketahui bersama dimasa pandemi Covid-19 ini, kebanyakan masyarakat kita enggan untuk keluar rumah. Akibatnya, ketersediaan stok darah di PMI Batam semakin menipis jumlahnya.


Maka dari itu lanjutnya, pihaknya tak henti-hentinya terus mengajak seluruh masyarakat Batam untuk bersedia mendonorkan darahnya, agar stok darah di PMI Batam tetap terjaga ketersediaannya.


"Setetes darah yang kita berikan sangat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan," ungkapnya.




Ditempat yang sama, Anggota DPRD Kota Batam sekaligus pengurus di Perkumpulan Marga Tan Kota Batam, Tan A Tie menambahkan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilakukan pihaknya. 


Dikatakannya, selain aksi donor darah ini, banyak juga kegiatan-kegiatan kemanusian lainnya yang rutin dilakukan pihaknya diantaranya, pemberian bantuan ke panti asuhan dan juga yayasan panti jompo.


"Biasanya kami melakukannya di mall-mall. Namun, karena saat ini masih pandemi Covid-19, kami mengalihkannya ke kantor PMI Batam," kata Tan A Tie.


Masih menurut Wakil Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Batam ini, pihaknya sering menerima laporan dari PMI Batam, adanya permintaan darah dari pasien yang sedang dirawat di rumah sakit. 


"Pernah malam-malam kami dihubungi ada pasien yang sedang membutuhkan transfusi darah. Dengan segala upaya dilakukan, kami berusaha memenuhi permintaan tersebut. Dan syukurnya, teman-teman yang ada di komunitas yang golongan darahnya cocok cepat tanggap dan bersedia mendonorkan darahnya," ungkap Tan A Tie.


Maka dari itu, pihaknya menghimbau sekaligus meminta kepada pemerintah dan juga masyarakat Batam untuk rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali. 


"Karena kalau bukan kita siapa lagi. Setetes darah yang kita donorkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain," tegasnya.




Di lokasi yang sama, Ketua PMI Kota Batam, Ny. Sri Soedarsono memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Perkumpulan Marga Tan Kota Batam, atas partisipasinya membantu memenuhi ketersediaan stok darah di PMI Batam.


"Apresiasi yang setinggi-tingginya kami berikan kepada Perkumpulan Marga Tan Batam, yang telah bersedia membantu memenuhi ketersediaan stok darah di PMI Batam," ungkapnya.


Lebih lanjut pentingnya peran serta keterlibatan swasta dalam memenuhi stok darah di PMI Batam patut diacungi jempol. 


Pasalnya, disaat pandemi Covid-19 seperti saat ini, kebanyakan masyarakat Batam malas dan enggan untuk keluar rumah karena takut tertular penyakit virus corona. Dampaknya, biasanya dalam jangka waktu tiga bulan banyak masyarakat yang datang ke PMI Batam untuk mendonorkan darahnya, kini hal itu sangat jarang terjadi.


"Namun, dengan aksi yang dilakukan oleh Perkumpulan Marga Tan Kota Batam ini, diharapkan bisa memenuhi ketersediaan stok darah di PMI Batam. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih," pungkasnya (egi)



Share on Social Media