Batam, News, Kepri

Jelang Akhir Tahun, Gatra Group Indonesia Gelar Rapat Pimpinan Bahas Strategi Untuk Tahun 2022

Egi | Selasa 21 Dec 2021 12:39 WIB | 2537

Kawasan Industri
Pengusaha


CEO Gatra Group Indonesia, Ilwandi foto bersama usai Rapim di Swiss Bell Hotel Harbour Bay Batam


MATAKEPRI.COM BATAM -- Garuda Trans Asia (Gatra) Group Indonesia (GGI) melaksanakan Rapat Pimpinan (Rapim) di Swiss Bell Hotel Harbour Bay Batam pada, Senin (20/12/2021).


Chief Executive Officer (CEO) Gatra Group Indonesia, Ilwandi mengatakan, ini merupakan Rapat Pimpinan (Rapim) yang pertama kali digelar oleh Gatra Group Indonesia.


"Untuk pertama kalinya GGI melaksanakan Rapat Pimpinan (Rapim) yang dihadiri seluruh jajaran Direksi anak perusahaan GGI. Selain Rapim GGI juga melaksanakan ajang bersilaturahmi," ujar Ilwandi didampingi oleh Direktur Utama PT Garuda Tijaroh Industri, Ya'thi Syahri.


Lanjutnya, saat ini GGI baru memiliki 15 anak-anak perusahaan yang berada di Kota Batam.


"Jadi, rapim ini kita laksanakan juga untuk mempersiapkan strategi untuk tahun 2022 dari ke 15 perusahaan tersebut. Persiapan dari setiap perusahaan itu gimana?, untuk strategi bisnisnya nanti seperti apa?," bebernya.




Ilwandi juga mengatakan, kita juga melakukan pembahasan tentang kondisi keuangan dan anggaran di setiap perusahaan saat ini. Tidak hanya itu, untuk  legalitas seluruh unit bisnis untuk tahun 2022 juga kita bahas bersama.


"Kita juga bahas tentang keuangan dan anggaran, dan kegiatan usaha unit bisnis tiap-tiap perusahaan. Jika ada perusahaan yang minim keuangan dan butuh support nanti akan kita review dan bantu," tuturnya.


Di tempat yang sama Direktur Utama PT Garuda Tijaroh Industri, Ya'thi Syahri juga mengatakan, mulanya PT Garuda Trans Asia ini berdiri pada tahun 2019 yang lalu dan diinisiasi pembentukan GGI pada tahun 2021. 


"Di tahun 2021, GGI memiliki 15 anak perusahaan. Ditahun-tahun berikutnya GGI juga akan membangun sekitar 150 perusahaan lagi. Yang mana saat ini kita memiliki atau meng cover perusahaan dari kemaritiman atau memiliki perusahaan dari perairan sampai darat," ujar Ya'thi.


Lanjutnya, ada tiga point yang kita bahas hari ini. Yang pertama yaitu konsolidasi. Karena ini memang pertama kalinya kita lakukan Rapim dan juga akan kita laksanakan secara rutin setiap tahun.


"Jadi, konsolidasi ini kita lakukan untuk menyatukan setiap visi dan misi di masing-masing perusahaan dengan bidang yang berbeda-beda," bebernya.


Kegiatan ini kurang lebih kita mereview, yang pertama histori, yang kedua menyatukan visi dan misi, dan yang ketiga mempersiapkan peningkatan Gatra Group Indonesia pada tahun 2022.




"Yang artinya, kita ingin di tahun 2022 nanti kita mempunyai target yang jelas. Minimal di daerah Kepri kita mengkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi dan pembangunan," ungkapnya.


Gatra Group Indonesia ini bergerak di Bidang pelayaran, namun tidak untuk kemungkinan Gatra juga bergerak di bidang kontraktor, industri pabrik, produk makanan, dan produk lainnya juga akan kita kembangkan.


"Awalnya Gatra Group Indonesia ini bergerak di bidang bisnis jasa pelayanan dan selanjutnya bergerak di bidang bisnis produk atau barang, yang mana market sharenya export oriented dalam arti kita memaksimalkan fasilitas FTZ yang ada di Batam," imbuhnya.


Sebelum jangkauan kita sampai ke nasional, kita akan kembangkan terlebih dahulu yang di lokal. Tidak menutup kemungkinan, sebelum menuju nasional kita berharap bisa langsung menjangkau internasional. 


"Dengan cara tadi, yaitu dari fasilitas FTZ kita maksimalkan untuk export oriented. Kita sudah lakukan mapping untuk tujuan ekspor ke 12 sampai 15 negara," kata Ya'thi.


Kita berharap kedepannya GGI bisa membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya karena Gatra Group Indonesia akan membuka sekitar 150 anak perusahaan.


"Kita akan coba realisasikan. Kita tidak sedang bermimpi tetapi kita akan terus dan selalu berusaha. Lima tahun ke depan sesuai dengan goal coporate kami minimal Top-5 perusahaan kita bisa go publik ke Bursa Efek Indonesia," pungkasnya.


Adapun 15 anak perusahaan dari Gatra Group Indonesia yaitu, PT Garuda Sumber Karya, PT Cova Nova, PT Covanova Trans Service, PT Graruda Trans Service, PT Garuda Trans Cargo, PT Domo Karya Mandiri, PT Garuda Electrical Power, PT Garuda Trans Asia, PT Soki Marina Sejahtera, PT Garuda Multi Organizare, PT Garuda Tijaroh Industri, PT Garuda Interior Solutions, PT Garuda Prima Protection (Gappro), Gatra Pest Solution, PT Barelang Indah perkasa, dan PT Gatra Multi Transport, (egi)



Share on Social Media