Batam, Ekonomi

Resmikan Indogrosir Batam, Rudi: Pertumbuhan Ekonomi Kota Batam Tahun 2022 Lalu Mencapai 6,8 Persen

Juliadi | Sabtu 04 Mar 2023 01:14 WIB | 1045

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Wali Kota/Wakil Wali Kota


Wali kota Batam yang Kepala BP Batam, H. Muhammad Rudi, Jumat (3/3/2023). Foto: Adi


MATAKEPRI.COM BATAM -- Wali Kota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, H. Muhammad Rudi meresmikan pembukaan pusat pembelanjaan Indogrosir di kawasan Mukakuning, Jumat (3/3/2023). 


Rudi pun menyambut baik investasi sektor perdagangan ini. Dia menegaskan bahwa pilihan tepat bagi Indogrosir membuka cabang di Batam.


"Saya dengar Indogrosir ini sudah ada di 28 provinsi. Tidak salah Bapak membuka cabang di Batam karena penduduk kita sekitar 1,4 juta dan Batam merupakan pusat perekonomian di Kepri," papar Wali Kota Rudi.


Dia juga memaparkan pertumbuhan positif ekonomi Batam. Bahkan pada saat pandemi lalu, ekonomi daerah ini tetap bisa ditumbuh. 


"Rilis resmi terbaru, pertumbuhan ekonomi Kota Batam tahun 2022 lalu mencapai 6,8 persen. Di atas pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri dan nasional. Tahun depan kita perkirakan bisa diatas tujuh persen," ungkap Wali Kota Rudi disambut aplaus yang hadir.


Angka pertumbuhan tersebut sangat realistis mengingat, sambung Rudi, ada sekitar dua triliun belanja pemerintah di sektor infrastruktur akan digulirkan untuk membangun Batam. Baik itu anggaran dari Pemko maupun BP Batam. Tentu anggaran ini akan berputar di masyarakat Batam.


"Batam ini memang didesain menjadi kota modern. Untuk itulah kita mengembangkan Bandara bertaraf internasional," papar Rudi.


Wali Kota Rudi juga memaparkan progres pembangunan jalan. Dia mohon maaf jika pembangunan tersebut mengakibatkan sejumlah saluran air tertutup sehingga terjadi banjir di beberapa titik.


"Tapi saya sudah minta kontraktor yang mengerjakan jalan, agar jangan menutup parit saluran air," tegas Rudi.


Dia juga memaparkan program pembangunan Pelabuhan Batu Ampar, KEK Kesehatan, dan rencana membangun moda transportasi moderen LRT (Light Rapid Train). "Ini semua kita bangun untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Batam sehingga menjadi Bandar dunia yang maju dan moderen," ungkap Rudi disambut tepukan penuh semangat.


Namun untuk menggapai itu semua, Wali Kota Rudi berpesan satu hal. Dia meminta seluruh masyarakat Batam menjaga keamanan. Tanpa keamanan, katanya, Batam tidak bisa dibangun seperti sekarang.


"Mewujudkan Batam yang aman itu tanggung jawab kita bersama, bukan hanya aparat keamanan. Jika kita berprilaku sesuai aturan, maka Batam akan aman," tegasnya.


Salah satu cara mewujudkan keamanan diri sendiri, ungkap Rudi, dengan selalu berbagi. Dengan demikian akan mencegah sikap-sikap yang kurang baik di lingkungan kita.


Sementara itu Co-Director Indogrosir Yusuf mengaku gembira dapat hadir di Batam. Dia menegaskan, bangunan Indogrosir Batam bisa melayani hingga 5.000 pelanggan berupa UMKM dan suplier lainnya.


"Kami memiliki keunggulan dimana harga cukup kompetitif, dengan, pelayanan lebih baik," ungkapnya.


Dalam peresmian itu, Wali Kota Rudi menggunting pita pintu masuk. Seketika, ratusan pelanggan pun ikut masuk. Merekan berburu promo menarik berbelanja di Indogrosir.


Hadir dalam kegiatan ini anggota DPRD Muhammad Rudi, Deputi BP Batam Sudirman Saad, Wan Darussalam. dan GM Batamindo Mook Soi Wah. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media