Batam, Ekonomi

Pertamina Patra Niaga Jamin Ketersediaan Layanan Avtur Penerbangan Haji di Bandara Hang Nadim

Juliadi | Sabtu 27 May 2023 14:58 WIB | 374

Pertamina



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menyiapkan tambahan pasokan avtur untuk melayani penerbangan jemaah haji di empat bandara embarkasi haji 2023. 


Adapun keempat bandara yang menjadi embarkasi haji tahun 2023 di wilayah Sumbagut meliputi Bandar Udara Internasional Kualanamu, Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda, Bandar Udara Internasional Hang Nadim dan Bandar Udara Internasional Minangkabau, sedangkan Provinsi Riau akan diberangkatkan melalui Bandar Udara Internasional Hang Nadim di Batam. 


Pertamina memastikan layanan maksimal akan diberikan dalam melayani energi atau kebutuhan avtur bagi maskapai penerbangan di masa haji 2023.


Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar menjelaskan, bahwa dalam mendukung suksesnya pelaksanaan ibadah haji 2023, seluruh Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pertamina Patra Niaga Sumbagut akan bekerja ekstra dan telah menyiapkan langkah-langkah tepat dalam mengantisipasi peningkatan konsumsi Avtur bagi maskapai penerbangan haji 2023.


"Peningkatan konsumsi avtur dimasa haji 2023 untuk wilayah Sumbagut diperkirakan mencapai 171% jika dibandingkan dengan tahun 2022 dimana realisasi di tahun 2022 sebesar 12.383 KL dan diperkirakan konsumsi avtur di masa haji 2023 sebesar 33.638 KL. Kami sampaikan dan pastikan bahwa Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut menjamin ketersediaan dan kualitas produk avtur yang dimiliki oleh Pertamina dapat terdistribusikan dengan baik kepada maskapai-maskapai penerbangan yang melayani haji 2023. DPPU yang melayani penerbangan embarkasi haji telah menyiapkan langkah-langkah strategis demi mencapai keberhasilan pelaksanaan musim haji 2023 ini,"  terang Freddy, Jumat (26/5/2023) melalui rilis tertulis yang diterima Matakepri.com.


Seperti yang disampaikan sebelumnya, kebutuhan avtur musim haji tahun 2023 di empat bandara embarkasi Sumbagut, diperkirakan akan meningkat hingga 171% dibandingkan dengan masa ibadah haji sebelumnya yaitu tahun 2022. Hal ini disebabkan selain adanya penambahan kuota jamaah haji, kondisi normal pasca pandemi Covid-19 menjadi alasannya meningkatnya jumlah kloter penerbangan ibadah haji 2023. Jika dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi ditahun 2019, konsumsi avtur tahun 2023 masih lebih tinggi, atau naik 73% dibanding tahun 2019 yang mencatatkan realisasi sebesar 19.374 KL.


Layanan Avtur DPPU Hang Nadim Masa Haji 2023

Penerbangan haji tahun 2023 di Bandara Hang Nadim akan berlangsung dalam 2 fase yaitu fase 1 tanggal 24 Mei - 22 Juni 2023 dan fase 2 pada tanggal 4 Juli – 2 Agustus 2023. Bandara Hang Nadim akan melayani 32 kloter haji di masing-masing fase 1 dan fase 2 dengan total 64 penerbangan haji pada tahun 2023 ini. Pertamina Patra Niaga melalui unit operasinya di DPPU Hang Nadim memastikan bahwa pasokan avtur untuk melayani haji dan juga penerbangan regular domestik dalam keadaan aman dan tersedia. 


"Selain memastikan kebutuhan avtur yang meningkat, kami menjamin supply untuk penerbangan lainnya baik itu internasional atau domestik tetap akan terjaga dengan baik di Bandara Hang Nadim, kebutuhan avtur untuk Bandara Hang Nadim kami pastikan aman untuk masa haji ini dan kami siap mendukung penyediaan energi ini," tambah Freddy.


Manager Corporate, Operation and Services (COS) Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Riki Madyanto mengungkapkan, bahwa pihaknya telah melaksanakan berbagai persiapan dalam menyambut musim haji tahun 2023 ini. Koordinasi bersama stakeholder hingga penguatan stok avtur di DPPU telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dilaksanakan guna mendukung kesuksesan pelaksanaan ibadah haji tahun 2023.


Khusus Bandar Udara Hang Nadim, konsumsi Avtur diperkirakan dapat mencapai kira-kira 2.610 KL. Adapun ketahanan stok DPPU Hang Nadim pada 26 Mei 2023 di atas angka 10 hari, angka ini belum termasuk dengan stok di Fuel Terminal Batam dan stok yang berada dalam kapal tanker. “Konsumsi avtur harian untuk layanan haji diperkirakan bisa mencapai 75 KL per hari dalam masa layanan haji di Bandara Hang Nadim,” jelas Riki.  


Lebih lanjut Riki menjelaskan beberapa persiapan yang DPPU Hang Nadim lakukan yaitu berkoordinasi dengan maskapai penerbangan dan otorita bandara untuk memastikan jadwal penerbangan haji di Bandara Hang Nadim. Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut juga memastikan bahwa kondisi sarana fasilitas DPPU Hang Nadim dalam keadaan yang baik dengan memenuhi aspek HSSE serta mengalokasikan SDM yang handal dan memadai untuk melayani kebutuhan avtur maskapai penerbangan haji. 


Bagi masyarakat dan pelanggan setia Pertamina yang membutuhkan informasi terkait produk dari Pertamina dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135. (Ril) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media