Batam

Tips Capella Honda Berkendara Bagi Perempuan

Juliadi | Jumat 26 Jan 2024 16:37 WIB | 400

Transportasi
Capella


Staff Capella Honda mempraktekkan berkendara aman bagi perempuan, Jumat (26/1/2024)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Perempuan memiliki peranan dalam setiap lini masyarakat, untuk mendukung kegiatan sehari-hari perempuan dalam perpindahan tempat satu ke tempat lainnya dibutuhkan moda transportasi. Banyak dari perempuan memilih untuk berkendara sendiri salah satunya menggunakan sepeda motor. 


Berkendara aman dengan sepeda motor ada beberapa hal yang perlu ladies perhatikan.


Christofer Valentino selaku Instruktur Safety Riding PT. Capella Dinamik Nusantara Kepri, selaku main dealer resmi sepeda Motor Honda di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) kepada MataKepri.com melalui keterangan tertulis, Jumat (26/1/2024) menjelaskan, karena terkadang tanpa disadari hal ini dapat meningkatkan potensi bahaya saat berkendara antara lain :

1. Konsentrasi saat berkendara

Menurunnya konsentrasi dapat disebabkan karena kondisi tubuh yang kurang sehat, kelelahan dan lain sebagainya. Ladies, saat berkendara konsentrasi sangat diperlukan bahkan diatur loh dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 pasal 106 ayat (1) tersebut yaitu pengemudi harus memperhatikan jalan dengan fokus.  


Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.


Konsentrasi saat berkendara dilakukan agar tidak menimbulkan bahaya terhadap keselamatan diri sendiri, penumpang, dan pengguna jalan yang lain. 


Salah satu cara mengemudi dengan penuh konsentrasi adalah tidak menggunakan ponsel ketika dan selama berkendara. Maksud dari "penuh konsentrasi" adalah setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor tidak terganggu perhatiannya, salah satunya dari penggunaan telepon atau ponsel.


2. Penggunaan helm

Perlengkapan berkendara yang disarankan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan kita seperti menggunakan helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Beberapa dari perempuan mengabaikan menggunakan perlengkapan berkendara/riding gear seperti helm dengan alasan kurang nyaman digunakan saat berkendara. Ladies helm menjadi hal penting karena berfungsi untuk melindungi kepala kita. Berikut tips memilih helm agar aman dan nyaman saat digunakan :

a. Pilih helm yang sudah label SNI.

b. Gunakan helm sesuai ukuran.

c. Hindari saat menggunakan helm dalam kondisi rambut yang basah, memakai aksesoris rambut yang berlebihan. 

d. Sebelum menggunakan helm pastikan rambut dan poni kita rapi tidak mengganggu saat kita berkendara, ladies bisa mengikat rambut atau menggunakan penutup kepala agar rambut kita tetap rapi dan tidak kusut saat terkena angin.

e. Menggunakan hijab saat berkendara dengan helm, pilihlah bahan hijab yang tidak licin, gunakan inner hijab hal ini bertujuan memberikan rasa nyaman. Gunakan model hijab yang simpel, jika sudah sampai tempat tujuan bisa disesuaikan model hijab dengan yang kita inginkan agar ladies dapat tetap berpenampilan cantik dan rapi meskipun menggunakan helm.

f. Jangan lupa sampai “klik” ya saat menggunakan helm, ini menjadi point penting saat kita menggunakan helm. Wah bisa meningkatkan potensi bahaya jika sampai terlupakan.


3. Membawa barang bawaan

Tentu saat berpergian ladies tak lupa membawa barang bawaan seperti tas. Bagi perempuan beragam model tas yang dapat digunakan sesuai dengan selera, namun ladies perlu kita perhatikan saat memakai tas saat berkendara. Namun saat ladies membawa tas dan menggunakannya saat naik motor yang dapat mengganggu konsentrasi hingga menimbulkan potensi bahaya lain (tersangkut benda asing yang ada dijalan/kendaraan lain dan tindakan kriminal), disarankan ladies dapat menyimpan tas selama berkendara di bagasi motor untuk menjaga keamanan dan kenyamanan.  Berkendara dengan sepeda motor memang paling nyaman dan aman menggunakan tas ransel.


4. Pemilihan penggunaan alas kaki saat berkendara

Sama halnya dengan tas, alas kaki perempuan juga sangat bervariasi modelnya. Namun perlu diperhatikan yang disarankan menggunakan alas kaki yang menutupi hingga bagian mata kaki. Wanita yang gemar menggunakan sandal yang memiliki heels atau hak tinggi karena dapat mengganggu pengendara perempuan mengendalikan keseimbangan saat berkendara. Wanita agar berkendara menjadi lebih aman dan nyaman disarankan menggunakan sepatu.


5. Penggunaan rok saat naik motor

Sering kita jumpai pengendara ataupun penumpang perempuan saat naik sepeda motor menggunakan rok saat berkendara. Penggunaan rok saat naik motor tidak dilarang, namun dalam safety riding disarankan pengguna sepeda motor menggunakan celana panjang saat berkendara. Menggunakan celana saat naik sepeda motor dinilai. 


akan lebih nyaman dan leluasa bergerak dalam mengendalikan sepeda motor. Wanita bisa menggunakan rok sebagai pengganti jika sudah sampai tempat tujuan, bukankah keselamatan kita saat di jalan ataupun saat naik sepeda motor menjadi prioritas. 


“Dengan semangat sinergi bagi negeri kami terus berkomitmen memberikan edukasi, tips berkendara aman bagi para pengguna sepeda motor Honda dan tentunya kami berharap semua pengguna sepeda motor Honda tetap selalu cari aman saat naik motor,” tutup Christofer Valentino. (*) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media