Tanjungpinang

Gubenur Kepri Hadiri Perayaan Imlek di Kawasan Kota Lama Tanjungpinang

Juliadi | Sabtu 10 Feb 2024 16:47 WIB | 577

Gubernur Kepri/Wakil Gubernur
Hari Raya/Hari Besar
Imlek


Gubenur Provinsi Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, Jumat (9/2/2024)


Matakepri.com, Tanjungpinang -- Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad, S.E., M.M menghadiri perayaan Tahun Baru Imlek 2024 Masehi atau 2575 Kongzili bersama masyarakat Tanjungpinang di Kawasan Kota Lama Jalan Merdeka, Jumat (9/2/2024) malam. 


Perayaan Imlek kali ini berlangsung meriah dengan berbagai atraksi dan hiburan yang disuguhkan.


Salah satu yang menarik perhatian adalah atraksi barongsai yang menampilkan kepiawaian dan kekompakan para pemainnya. Atraksi ini merupakan simbol keberuntungan dan kekuatan dalam budaya Tionghoa. Selain itu, ada juga hiburan artis lokal dan nasional yang menyanyikan lagu-lagu populer dan bernuansa Imlek.


Tak ketinggalan, pesta kembang api yang mewarnai langit kota Tanjungpinang juga menjadi daya tarik tersendiri.  Ribuan masyarakat dari berbagai suku dan etnis tampak antusias menyaksikan perayaan Imlek yang berlangsung hingga larut malam.


Dalam sambutannya, Ansar mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek kepada seluruh masyarakat Tionghoa di Kepri, khususnya di Tanjungpinang. 


Ia mengapresiasi keragaman dan toleransi yang terjalin baik di daerah ini.


"Kita semua bersaudara, kita semua satu Indonesia. Kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada. Kita harus menjaga kerukunan dan kedamaian di tengah-tengah kita," kata Ansar.


Ia juga berharap kondusifitas terus terjaga di Provinsi Kepri menjelang Pemilu Serentak pada tanggal 14 Februari 2024. 


Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan tetap menjunjung rasa persaudaraan.


"Marilah kita berpartisipasi dalam pemilu dengan damai dan demokratis. Jangan sampai ada gesekan atau konflik yang dapat merusak persatuan dan kesatuan kita," ujar Ansar.


Ketua Harian PSMTI Tanjungpinang-Bintan dalam sambutannya, Hartojo menuturkan, bahwa dalam kegiatan jelang malam puncak perayaan Imlek tahun 2024 ini, pihaknya dari PSMTI melaksanakan pasar lama atau bazar imlek di jalan merdeka Kota Tanjungpinang selama satu bulan.


Menurutnya, dalam kegiatan bazar imlek yang digelar antusias masyarakat sangat luar biasa setiap harinya, sehingga bisa menghidupkan kurang lebih 300 UMKM yang berjualan di jalan merdeka selama satu bulan ini tanpa putus.


"Semoga tahun depan Pak Gubernur dan Pj Walikota Tanjungpinang bisa menbantu kita, supaya program bazar imlek bisa kita laksanakan lagi di tahun depan," tegasnya.


Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah mengucapkan selamat tahun baru imlek ke 2575 di tahun 2024.


"Mari kita sambut tahun naga ini sebagai awal baru kesuksesan bagi masyarakat Provinsi Kepri," ucapnya.


Tidak lupa orang nomor satu di Polda Kepri itu juga mengajak masyarakat untuk saling menyatu dalam keberagaman, dan menjaga tolerasi antar umat beragama di Provinsi Kepri guna mewujudkan Indonesia emas.


"Dengan keberagaman dan menjaga tolerasi itu, terciptalah  kondusifitas di Provinsi Kepri," jelasnya.


Turut hadir dalam acara tersebut PJ Walikota Tanjungpinang, Hasan; Anggota DPRD Provinsi Kepri, Rudi Chua dan Bobby Jayanto; Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni dan jajaran Forkopimda Kepri lainnya. (*)


Redaktur : ZB



Share on Social Media