Batam, News, Kepri

Telah Lama Vakum, INTI Kepri Kembali Bangkit Dengan Semangat Baru

Egi | Kamis 23 May 2024 15:49 WIB | 355

Ormas/LSM/Paguyuban/Komunitas
Aset Daerah
Pelantikan/Sertijab/Pengukuhan


Foto bersama INTI Kepri setelah pelaksanaan pembekalan calon pengurus daerah (foto:Egi)


Matakepri.com Batam - Pengurus Pusat Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) melaksanakan Pembekalan kepada Calon Pengurus Daerah Perhimpunan Indonesia Tionghoa Provinsi Kepulauan Riau.


Pembekalan calon pengurus daerah ini dilaksanakan di Vanilla Hotel Nagoya Batam, pada Kamis (23/5/2024) pagi.


Tampak hadir dalam kegiatan itu, Sekjen Pengurus Pusat INTI, Candra Jap, Ketua Pengurus Daerah INTI Kepri, Piter, Tokoh Masyarakat Tionghoa, Dato' Amat Tantoso, Anggota DPRD Kota Batam, Tan A Tie, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Agus serta perwakilan dari Batam, Tanjungpinang, Bintan Karimun, Lingga dan daerah Kepri lainnya.


Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat INTI, Candra Jap mengatakan, kegiatan ini merupakan sarana untuk menyamakan persepsi tentang visi misi dan tujuan INTI bagi para pengurus daerah yang baru terpilih di Provinsi Kepri.


Menurutnya, INTI mendapatkan banyak pesan dan amanat dari Bapak Presiden RI, Joko Widodo dan para Menterinya, agar dapat berkontribusi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.


"Kepada seluruh pengurus INTI yang baru terpilih agar mengetahui visi misi dan tujuan INTI, supaya nanti ketika sudah dilantik bisa sejalan dengan apa yang dicita-citakan para pemimpin bangsa ini," ujar Candra disela-sela kegiatan.


Pihaknya berharap kepada para pengurus agar secepatnya bisa langsung bersinergi dan bekerjasama serta menjalankan program-program yang telah direncanakan oleh pemerintah daerah, khususnya dalam program memajukan kesejahteraan masyarakat.


Masih menurut Candra, dengan kepengurusan INTI Kepri yang baru ini dibawah kepemimpinan Piter, dia yakin dan percaya INTI Kepri dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kepri, khususnya di bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaan.


"Kami dari Pengurus Pusat INTI sangat senang INTI Kepri bisa kembali hadir. Dan, sangat berharap dibawah kepemimpinan Pak Piter dapat memberikan dampak yang bermanfaat untuk masyarakat Kepri khususnya dan Indonesia pada umumnya," harapnya.


Di lokasi yang sama, Tokoh Masyarakat Tionghoa yang juga sekaligus mantan Dewan Pembina INTI Kepri, Dato' Amat Tantoso menyambut baik dan mengapresiasi atas hadirnya kembali INTI di Provinsi Kepri ini.


"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung sekali INTI kembali hadir di Kepri yang kita cintai ini," ucap Dato' Amat Tantoso usai kegiatan.


Dukungan yang diberikan Dato' Amat kepada INTI Kepri tidak hanya sekedar ucapan saja. Dia pun membuktikannya dengan menyediakan tempat yang dijadikan ruangan untuk pertemuan para pengurus INTI Kepri mengadakan rapat secara cuma-cuma alias gratis.


"Untuk sementara, jika para pengurus belum ada memiliki kantor di Batam untuk melaksanakan rapat, Vanilla Hotel Batam bisa dijadikan pilihannya. Semua akan saya kasih gratis untuk INTI Kepri," sebutnya.


Begitu juga halnya dengan Kantor Sekretariat INTI Kepri di Batam, Dato' Amat Tantoso juga siap menyediakan sebuah ruangan yang bisa dijadikan kantor perwakilan INTI Kepri di Kota Batam.


"Pokoknya saya seratus persen mendukung hadirnya kembali INTI di Kepri ini," ucap Dato' Amat Tantoso.


Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah INTI Kepri, Piter mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kepulauan Riau, yang telah memberikan kepercayaan untuk membawa organisasi INTI di wilayah Kepri menjadi lebih besar lagi.


"Saya mengucapkan ribuan terima kasih atas amanah yang diberikan kepada saya untuk memimpin INTI Kepri Masa Bakti 2024 - 2028," ucap Piter usai kegiatan.


Dia mengatakan, INTI merupakan sebuah organisasi yang bersifat kebangsaan dan nasional. Para pengurus di organisasi ini tidak hanya dari suku Tionghoa saja, melainkan pengurus INTI ini berasal dari berbagai suku dan etnis yang ada di Indonesia.


"Perhimpunan Indonesia Tionghoa ini tidak semuanya dari suku tionghoa, tetapi pengurusnya dari berbagai suku. Asalkan dia orang Indonesia," imbuhnya.


Dia berharap, kepada para pengurus yang baru terpilih agar bisa mempersiapkan diri dan bekerjasama dengan pemerintah daerah, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau. 


Senada, Anggota DPRD Kota Batam, Tan A Tie mengucapkan terimakasih banyak kepada ketua yang terpilih untuk kembali membangkitkan INTI yang telah lama vakum.


"Kita juga melihat, dalam kegiatan ini, senior dari INTI juga hadir yang bertujuan untuk membangkitkan INTI secara bersama-sama," kata Tan A Tie.


Lanjutnya, kehadiran saya di kegiatan INTI ini bukan sekedar menghadiri saja. Saya juga akan kembangkan INTI ke masyarakat luas dengan cara road show.


"Saya akan langsung bersosialisasi ke organisasi lain untuk memperkenalkan kembali organisasi INTI, dan itu tidak hanya kita yang di Batam, di daerah lain di Kepri juga akan bersosialisasi," ungkapnya.


Tan A Tie berharap, dengan adanya ketua terpilih, kita semua bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan visi dan misi.


"Semoga setelah dilaksanakan pelantikan kepengurusan, kita berharap INTI juga bisa menjalankan programnya sejalan dengan program pemerintah untuk membangun Kepri ini," pungkasnya, (Egi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media