Batam

Hakim MK RI Bedah Buku Dengan FH Uniba, Dr. Fadlan: Buku Memberikan Pemahaman Praktis

Juliadi | Kamis 22 Dec 2022 12:14 WIB | 757

Perguruan Tinggi/Sekolah
Pendidikan


Kegiatan bedah buku FH Uniba dengan Hakim MK RI, Rabu (21/12/2022). Foto: Agus


MATAKEPRI.COM BATAM -- Fakultas Hukum (FH) Universitas Batam (Uniba) menggelar bedah buku bersama Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Prof. Dr. Saldi Isra, SH diruangan Rumengan hall, Rabu,(21/12/2022) yang di hadiri puluhan mahasiswa pasca sarjana dan mahasiswa yang turut hadir dari Uniba, Universitas Riau kepulauan (Unrika), Universitas Internasional Batam (UIB) dan Universitas Ibnu Sina.



Hadir sebagai moderator acara yakni, Kepala Program studi (Prodi)  FH Uniba, Christiani Prasetiasari, SH., MH dengan narasumber yang membedah buku di kampus Uniba antara lain Dekan FH Uniba, Dr. Fadlan, SH., MH dan Pan Mohamad Faiz, SH., MCL., Ph.D selaku peneliti senior di MK RI beserta narasumber kedua yakni, Dr. Lagat Parroha Patar Siadari, SE., MH yang merupakan kepala perwakilan ombudsman Kepri.


Sebelum memulai acara bedah buku hasil karya Hakim Mahkamah Konstitusi tersebut, acara ini mendapat apresiasi yang luar biasa dari pengawas yayasan griya husada Uniba, Indrayani, SE., MM., Ph.D dengan ditandai pembukaan oleh Rektor Uniba, Prof. Yuliansyah M.S.A., Ph.D., Akt, CA serta disaksikan oleh Warek I, Dr. Idham, SH., M.Kn dan Warek III, Dr. Mohamad Gita Indrawan, ST., MM.


Dalam sambutannya Prof.Dr.Saldi Isra, SH selaku keynote speaker bedah buku menyuarakan agar setiap universitas yang tersebar di seantero nusantara ini untuk menerbitkan buku lebih banyak guna menjangkau para pembaca dari kalangan masyarakat.


Saldi Isra juga menjelaskan bahwa di internal Mahkamah Konstitusi telah menjadi tradisi ataupun kebiasaan menulis buku hingga membuat jurnal internasional yang dilakukan dari kalangan para hakim dan pegawai di lingkungan Mahkamah Konstitusi RI.


"Berdasarkan catatan saya kurang lebih 3 tahun terakhir ini,sedikitnya ada sekitar 90 an lebih buku yang diterbitkan oleh Mahkamah Konstitusi,di kesempatan ini saya mengajak seluruh universitas yang tersebar di Kepri bisa meniru semangat MK dalam membuat buku,” ujar Saldi Isra yang juga tercatat sebagai Guru Besar FH Universitas Andalas.


"Saya berharap kegiatan bedah buku ini bisa mendorong kita semua melahirkan buku sebagai bahan ajar yang bisa digunakan oleh mahasiswa," jelasnya.


Beda buku yang bertajuk"The Constitutional Court and Human Rights Protection In Indonesia and Sistem Pemerintahan Indonesia" merupakan bedah buku yang baru saja terbit dan dibedah secara terbuka di kampus Uniba.


"Buku ini baru saja selesai dicetak dan diterbitkan oleh MK dan dibedah pertama sekali di kampus Uniba, tentu ini merupakan penghormatan sebagai wujud kerjasama yang selama ini tercipta antara MK dan Fakultas Hukum Uniba," kata Pan Mohamad Faiz yang juga Dosen pascasarjana Universitas Indonesia, kepada MataKepri.com.


Hal senada juga disampaikan Dekan Fakultas Hukum Uniba, Dr.Fadlan, SH., MH menyampaikan buku yang di launching tersebut cukup bagus sebagai referensi bagi kalangan akademisi sebagai bahan mengajar untuk mata kuliah Hukum Tata Negara (HTN).


"Buku ini memberikan pemahaman yang praktis dan memiliki unsur kebaruan atau temuan dari sebuah penelitian yang berasal dari rujukan putusan Mahkamah Konstitusi RI," ungkap Fadlan.


Diakhir acara Fadila mengharapkan dengan kegiatan akademisi seperti bedah buku turut mampu menjadikan semangat baru dan motivasi kuat bagi kalangan civitas akademika agat dapat menghadirkan karya nyata lewat penerbitan buku. (Agus S)


Redaktur: ZB



Share on Social Media