Batam

Tingkatkan Ekonomi dan Daya Tarik Pariwisata, Rudi Fokus Pembangunan Infrastruktur

Juliadi | Jumat 09 Feb 2024 11:14 WIB | 342

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Wali Kota/Wakil Wali Kota
BP Batam
Investasi
Pariwisata


Walikota Batam yang juga menjabat Walikota Batam, H. Muhammad Rudi


MATAKEPRI.COM BATAM -- Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam yang juga menjabat Walikota Batam, H. Muhammad Rudi menegaskan, pihaknya akan terus fokus dalam pembangunan infrastruktur di Kota Batam. Hal itu, akan menjadi daya tarik bagi investor agar menanamkan modalnya di Batam, serta daya tarik di sektor parwisata.


"Batam sedang gencar membangun demi peningkatan ekonomi dan investasi dan jadi daya tarik pariwisata," ujar Rudi.


Di sektor pariwisata, lanjut Rudi, Batam saat ini sedang gencar mempercantik kota hingga pengembangan kawasan Bandara Hang Nadim sebagai pintu masuk Kota Batam.


"Untuk investasi, sejumlah kemudahan sudah dilakukan dan sejumlah infrastruktur di kawasan juga sudah dibangun," ucap Rudi.


Ia pun mengapresiasi para investor asing yang sudah berinvestasi di Kota Batam. Sesuai catatan, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, realisasi investasi realisasi investasi asing di Batam sepanjang tahun 2023 mencapai USD 595,9 juta atau Rp 8,819 triliun dengan 1.468 proyek.


"Batam akan terus menjadi tujuan investasi ditengah perubahan dan kemajuan Kota Batam saat ini,” tambahnya.


Dari data sama, negara-negara dengan nilai investasi terbesar di Batam, di antaranya, Singapura (USD 366,477 juta); Tiongkok (USD 51,708 juta); Hongkong (USD 41,674 juta); Perancis (USD 40,748 juta); dan Jepang (USD 22,652 juta).


Selanjutnya, ada Malaysia (USD 15,808 juta); Luxembourg (USD 13,157 juta); Swiss (USD 6,7 juta); Inggris (USD 6,5 juta); dan Jerman (USD 6,4 juta).


"Kami terus berupaya meningkatkan investasi di Batam demi kesejahteraan masyarakat Kota Batam," tutupnya. (*) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media