News

Ini Sejarahnya di Sebut Kunci Inggris

| Rabu 25 Jan 2017 06:29 WIB | 2832



Kunci Inggris


MATAKEPRI.COM - Di Indonesia, ada satu alat yang biasa digunakan untuk memperbaiki, entah itu kendaraan, atau memperbaiki mesin lainnya. Alat berbentuk panjang dan pipih ini dengan ujung seperti bulat sabit yang melengkung biasa kita kenal dengan kunci Inggris.

Di negara lain seperti Perancis, Jerman, Portugal, Italia, Belanda, dan negara lain juga sepakat menyebutnya kunci Inggris atau English Key. Padahal, produksinya sendiri kebanyakan bukanlah di Inggris. Di Inggris sendiri justru dikenal dengan adjustable spanner atau adjustable wrench. Lalu, kenapa disebut kunci Inggris ya?

Inilah sejarah mengapa benda ini disebut dengan Kunci Inggris

Dahulu kala, kunci Inggris ini ditemukan oleh seorang bernama Richard Clyburn di tahun 1842. Oleh karena itu, negara-negara di Eropa seperti Perancis, Jerman, Portugal, Spanyol, Italia, dan juga Belanda menyebutnya English Key.

Karena Indonesia dulunya dijajah Belanda, maka tak heran jika English key ini diterjemahkan oleh orang-orang Indonesia menjadi kunci Inggris.

Padahal sebenarnya, kunci Inggris temuan Richard Clyburn ini masih disempurnakan lagi oleh orang Swedia bernama Johan Petter Johansson. Dan inilah yang membuat orang-orang di negara Denmark, Polandia, dan Israel menyebutnya Swedish key.

Memang orang boleh menyebutnya apa saja, baik kunci Inggris ataupun kunci Swedia, atau ada sebutan lainnya. Biar bagaimanapun, alat ini sangat berguna untuk melepas dan mengencangkan mur atau baut dimana ukuran kunci pas dan ring tidak ada yang sesuai, tanpa membuat kepala mur atau baut menjadi bulat.(*)






Share on Social Media