Batam, News

Potensi Pajak Kepri Tinggi, Sayangnya Lebih Banyak Habis untuk Biaya Rutin Daerah

| Kamis 16 Mar 2017 16:25 WIB | 2177



Farewell Amnesti Pajak yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pajak Kanwil DJP Riau


MATAKEPRI.COM, Batam - Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS Arif Fadillah mengatakan, potensi penerimaan pajak daerah di Provinsi Kepulauan Riau cukup besar. Mulai dari sektor industri, pariwisata, kelautan, perikanan dan sebagainya. Hal ini dikemukakan Arif dalam acara "Farewell Amnesti Pajak" yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pajak Kanwil DJP Riau dan Kepulauan Riau di Best Western Premier Panbil - Kota Batam, Rabu, (15/3).

"Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara yang perlu terus ditingkatkan sehingga pembangunan nasional dapat dilaksanakan dengan kemampuan sendiri berdasarkan prinsip kemadirian. Dan potensi penerimaan pajak di Provinsi Kepri ini cukup besar," kata Arif. 

Menanggapi hal ini, Ismail Hasan dari Forum Lingkar Madani menginginkan agar pajak daerah dapat dimaksimalkan untuk kepentingan publik. "Pajak itu ditarik dari rakyat dengan susah payah mereka membayarnya, maka harus dikembalikan kepada rakyat secara bermartabat," papar Ismail di Batam Center, Kamis (16/3).

Ditambahkannya, APBD Provinsi, Kabupaten dan Kota di Kepri selalu meningkat setiap tahun, tapi peningkatan itu semu karena selalu lebih banyak dihabiskan untuk belanja rutin daerah. "Sangat sedikit yang tersisa untuk pembangunan," tandasnya. n4-kp






Share on Social Media