News

Salut....Mantan Miss Teen USA Ini tetap semangat meskipun kanker telah mengubah kakinya

| Selasa 23 May 2017 12:17 WIB | 2350




MATAKEPRI.COM - Lahir dengan fisik sempurna bahkan sempat mengikuti ajang pemilihan Miss Teen USA, Jillian Williams tak pernah membayangkan di usia 20 tahun dirinya akan memiliki kaki terbalik. Gadis asal Texas, AS tersebut baru saja menjalani operasi yang membuat dokter harus memindahkan pergelangan kaki kirinya ke tempurung lutut.

Dikutip dari DailyMail, pemain bola voli berbakat yang memperkuat Luthern University Texas ini terpaksa menggunakan pergelangan kaki demi memastikan fungsi lututnya tetap sempurna setelah menderita Ewing sarcoma, kanker tulang yang terbilang jarang. Akibatnya dokter mengamputasi tulang kering kaki kiri hingga bagian lutut.



Untuk memastikan Jill bisa menggunakan kaki palsu, ia tak bisa kehilangan fungsi lulut untuk menopang bobot tubuh. Dan setelah diskusi serta diagnosis menyeluruh tim dokter memutuskan untuk menggunakan pergelangan kaki kiri. Soal kondisinya kini Jill menyebut dirinya tetap beruntung. Sebab setidaknya ia tidak memerlukan donor dan semua ditangani di saat yang tepat.

"Aku bersyukur karena apa yang aku alami bisa lebih buruk dari ini. Awalnya pelatih voliku mengira aku mengalami cedera lutut biasa dan aku bisa tetap beraktivitas seperti biasa tapi hasil pemindaian ortopedis menunjukkan ada semacam kista atau tumor tulang dan aku harus membuat keputusan," paparnya.

Dokter memberi sejumlah opsi, namun rotationplasty dianggap paling aman dibanding prosedur lain yang kemungkinan tidak mampu mencegah kanker datang kembali. Jadilah dokter memotong 36 cm bagian tengah kaki dan menyambungkan pergelangan dengan tempurung lutut dalam posisi yang sudah dirotasi alias terbalik.

Di luar posisi kakinya yang tak biasa, Jill tak kehilangan semangat hidup. "Aku tak tau kenapa aku bisa positif, mungkin karena aku tetap ingin memberi yang terbaik dan tak punya rencana menyerah pada kanker," tegasnya.





Share on Social Media