Tanjungpinang

Personel Lantamal IV Siap Bantu Mengamankan Arus Mudik

| Senin 12 Jun 2017 20:26 WIB | 2358




MATAKEPRI.COM, Tanjungpinang - Dalam rangka menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2017 di wilayah Tanjungpinang dan sekitarnya, segenap instansi yang ada di Tanjungpinang melaksanakan rapat koordinasi persiapan angkutan lebaran berlangsung di ruang rapat Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Dari hasil keputusan rapat tersebut, Danlantamal IV Laksma TNI R Eko Suyatno,S.E,M.M. M

menyatakan prajurit Lantamal IV siap membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Kepri dalam pengamanan dan kelancaran arus mudik 2017.

Selain itu untuk konsolidasi, Lantamal IV langsung mengadakan rapat internal yang digelar pada Senin (12/6) dipimpin langsung Danlantamal IV Laksma TNI R Eko Suyatno, yang menekankan satuan-satuan Lantamal IV yang terlibat agar dalam pelaksanaannya nanti, agar prajurit Lantamal IV membantu masyarakat dengan iklas dan humanis untuk kelancaran.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya prajurit Lantamal IV dalam hal ini Pomal Lantamal IV,Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV,Satkamla Lantamal IV selalu hadir bergabung bekerjasama dengan instansi lainya dalam pengamanan titik-titik konsentrasi penumpang,"kata Danlantamal IV Laksma TNI R Eko Suyatno,S.E,M.M. 

Sementara instansi yang terlibat pembahasan angkutan lebaran yang dilaksanakan di Kantor KSOP Tanjungpinang beberapa waktu lalu antara lain instansi maritim sewilayah Bintan seperti Dishub Prov Kepri, Lantamal IV,Pomal Lantamal IV,Yonmarhanlan IV,Polres TPI, Satpolair,Jasa Raharja, Basarnas,Imigrasi, dan seluruh operator jasa maritim serta perwakilan Pelindo.

Hasil keputusan akan dibentuk Posko gabungan siaga PAM (Pengamanan), sentra pelayanan selama arus mudik dan arus balik berlangsung di Dermaga SBP Sri Bintan Pura, selain itu akan dilaksanakan juga penertiban lahan parkir kendaraan agar tidak semeraut.

Untuk menjamin kenyamanan penumpang dan menghindari kesemerautan akan dilaksanakan juga penertiban penjualan tiket dan hanya diijinkan dari loket-tiket resmi, selain itu penertiban jasa porter dan pedagang asongan di area pelabuhan.

Keputusa  rapat yang sudah disepakati bersama penggunaan secara fungsional/ darurat Terminal Internasional yang belum selesai direnovasi akan difungsikan hal ini untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik angkutan lebaran 2017

Beberapa hal yang urgensi juga dibicarakan untuk meminimalisir dan menghindari kecelakaan, setiap operator kapal wajib melaksanakan demo keselamatan sebelum kapal berangkat agar penumpang memahami apa bila dalam keadaan darurat mereka harus berbuat apa dan bagaimana terutama penggunaan alat-alat keselamatan seperti life jacket dan lainya. (Dispen Lantamal IV).



Share on Social Media