News, Hiburan

Tertangkapnya Penyanyi Ello Menambah Daftar Artis Terlibat Kasus Narkoba

| Kamis 10 Aug 2017 21:18 WIB | 1575



Penyanyi Ello


MATAKEPRI.COM, JAKARTA - Penangkapan pengguna narkoba belakangan ini banyak menyasar kalangan artis di Indonesia.

Setelah dihebohkan penangkapan aktor Tora Sudiro dan istrinya, Mieke Amalia, polisi kembali mengungkap kasus narkoba yang melibatkan kalangan selebriti.

Kali ini penyanyi Marcello Tahitoe alias Ello yang ditangkap karena kedapatan memiliki satu paket ganja di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Sepanjang 2017 ini, setidaknya terdapat tujuh orang artis, selain Ello, yang ditangkap terkait kepemilikan narkoba, yaitu :

1. Andika "The Titans"

Andika Naliputra ditangkap polisi pada awal Maret 2017 atas kepemilikan narkoba jenis Gorilla.

Ia ditangkap di rumahnya di Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Bandung, usai menerima pesanan paket narkoba lewat ojek online.

Polisi menyita dua paket narkoba jenis tembakau gorila dengan berat masing-masing paket 3 gram.

Menurut Kepala Satuan Narkoba Polrestabes Bandung AKBP Febry Kurniawan, Andika mengaku jika tembakau gorila itu sudah menjadi kebutuhan.

Pemain keyboard dan gitar itu mengaku menggunakan barang terlarang tersebut untuk mencari ketenangan.

2. Ridho Rhoma

Putra raja dangdut Rhoma Irama, Ridho Rhoma ditangkap saat sedang mengkonsumsi narkoba di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (24/3/2017).

Polisi menemukan sabu seberat 0,7 gram dalam paper bag berwarna coklat yang disimpan di jok depan kiri mobil Honda Civic yang ditumpangi Ridho. Selain itu, ditemukan pula alat isap jenis bong.

Hasil tes urinnya positif mengandung amphetamine, methamphetamine, dan benzodiazepine. Rhoma menyebut, anaknya memakai narkoba karena ingin menurunkan berat badan.

3. Iwa K

Rapper Iwa K ditangkap petugas Aviation Security (Avsec) saat memasuki pemeriksaan X-Ray di bandara.

Sebanyak tiga linting rokok mengandung ganja ditemukan saat pemeriksaan tersebut. Setelah menjalani pemeriksaan urine, Iwa dinyatakan positif menggunakan ganja.

Menurut polisi, saat ditangkap, Iwa telah dua bulan menggunakan barang tersebut. Akibat penangkapan itu, Iwa kehilangan kontrak kerja dari manggung hingga siaran radio.

4. Ammar Zoni

Penangkapan pesinetron Ammar Zoni bermula dari informasi terkait rumah yang digunakan untuk penyalahgunaan narkoba.

Rumah tersebut kemudian digerebek dan ditemukan pesinetron Ammar Zoni yang tengah bersantai di kamarnya, Senin (10/7/2017).

Dari lokasi tersebut, polisi menemukan setoples berisi narkoba jenis ganja. Hasil tes urine Ammar menunjukkan dirinya positif ganja dan sabu.

Karena kejadian itu, ia diberhentikan dari sinetron "Anak Langit". Menurut sang ayah, Henri Zoni, Ammar mengaku mengonsumsi narkotika untuk relaksasi karena sulit tidur.

5. Pretty Asmara

Pretty Asmara ditangkap di sebuah hotel kawasan Jakarta Pusat pada pertengahan Juli 2017.

Polisi mendapati beberapa barang bukti berupa narkotika jenis sabu dan ekstasi ketika menangkapnya.

Pretty ditangkap bersama tujuh artis lain. Polisi menyebut Pretty merupakan penghubung bandar narkoba ke kalangan artis.

Berdasarkan penelusuran penyidik, Pretty sudah menjadi penghubung bisnis narkoba selama lebih dua tahun.

6. Axel Matthew Thomas

Putra artis lakon Jeremy Thomas, Axel Matthew Thomas ditangkap di sebuah hotel di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Ia diketahui memesan narkotika jenis Happy Five asal Malaysia sebanyak satu strip seharga Rp 1,5 juta.

Axel sebelumnya mengaku kepada Jeremy bahwa dia dianiaya petugas Polres Bandara Soekarno-Hatta dan disuruh mengaku memiliki narkoba.

Axel kemudian menerima kekerasan fisik. Sementara itu, menurut polisi, Axel terluka karena terjadi pergulatan saat ditangkap.

Jeremy kemudian melaporkan petugas Polresta Bandara ke Divisi Profesi dan Pengamanan Polri.

7. Tora Sudiro

Aktor Tora Sudiro ditangkap bersama istrinya, Mieke Amalia di rumah mereka di Perumahan Bali View, Cirendeu, Tangerang Selatan, Kamis (3/8/2017). Mereka kedapatan menyimpan 30 butir Dumolid yang merupakan obat penenang.

Tora dan Mieke mengaku mengonsumsi obat penenang untuk istirahat.

Tora mengaku mengonsumsi dumolid selama setahun sedangkan Mieke selama lima bulan.

Meski keduanya positif mennggunakan obat terlarang itu, hanya Tora yang ditetapkan sebagai tersangka.

Bagian Dari Gaya Hidup

Sebagian besar artis yang menjadi pengguna narkoba masih berusia muda. Lantas, apa yang dicari mereka barang haram tersebut?

Menurut Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Sulistiandriatmoko, kebanyakan artis yang tertangkap karena menggunakan narkoba beralasan obat-obatan itu untuk merangsang kreativitas atau agar berkonsentrasi dalam bekerja.

Bagi pengguna pemula, efek atau sensasi tersebut bisa saja dirasakan. Namun, dalam jangka panjang malah akan merusak pikiran, konsentrasi, hingga kesehatan penggunanya.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Lingkungan Kerja dan Masyarakat BNN Kombes Ricky Yanuarfi menganggap kalangan pekerja seni rentan bersentuhan dengan narkoba karena bagian dari gaya hidup.

"Artis anggap jadi gaya (hidup). Mereka sangat rentan (terjerat narkoba). Artis itu banyak yang pakai," ujar Ricky.

Ricky mengatakan, hampir semua lapisan masyarakat kini bisa menikmati narkoba. Bahkan sekarang, pengguna narkoba tak selalu berpenampilan urakan dan "junkies".

"Yang rapi juga ada," kata Ricky.(*/kcm)



Share on Social Media