Batam, News

Puluhan Ribu KTP Di Batam Dimusnahkan

| Kamis 20 Dec 2018 23:01 WIB | 3385



Puluhan Ribu KTP Di Batam Dimusnahkan, Kamis (20/12/18)


MATAKEPRI.COM, Batam -Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Nomor 470.13/11176/SJ Tanggal 13 Desember 2018 tentang Penatausahaan KTP-el rusak atau invalid, sebanyak 50.390 KTP dimusnahkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil) Kota  Batam dengan cara dibakar. 

"Sesuai dengan surat edaran bahwa e-KTP yang datanya invalid dan rusak harus dimusnahkan dengan cara dibakar" kata Said Khaidar, Kepala Dinas Disdukcapil Kota Batam. 

Said Khaidar dalam sambutannya juga mengatakan sebelum melakukan pelaksanaan pemusnahan ini telah menyerukan kepada seluruh camat se-kota Batam untuk mengumpulkan KTP  yang rusak/invalid.


Lalu disertai dengan berita acara, dan di kumpulkan di kantor Disdukcapil, dan terkumpul sebanyak 50.390 Keping. " KTP yang dikumpulkan ( rusak) sejak tahun 2011 hingga 2018" kata Said.

Pemusnahan tersebut dilakukan di halaman kosong depan bekas kantor BPS Sekupang, Kamis (20/12/18).

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Amsakar Ahmad mengatakan bahwa kegiatan ini langsung dari instruksi dari Kemendag. " Untuk menghindari jangan sampai adanya persepsi di ruang publik, bahwa KTP rusak disalahgunakan" kata Amsakar. 

Amsakar juga menerangkan pemusnahan ini penting karena saat ini momentum memasuki kontestasi politik. "Terjemahannya macam-macam" ucapnya.

Lanjutnya, sehingga KTP rusak yang ditemukan, beritanya heboh, yang ini dibuang di sawah, dapat dimana-mana.

"Alhamdulillah di Batam tidak terjadi hal yang demikian, karena walikota melalui Disdukcapil menginstruksikan langsung para camat untuk merawat dan memelihara KTP tersebut" tuturnya. 

"Seperti mencetak sudah menikah tapi belum, yang sisanya kita minta untuk di rawat dan di simpan di kantor camat" ujar Amsakar. 

Karena ada instruksi dari Kemendagri, Kata Amsakar, pemusnahan melalui cara dibakar maka tinggal melaksanakan saja.

Pelaksanaan pemusnahan KTP rusak/invalid sebanyak 50.390 Keping langsung dipimpin oleh Wakil Walikota, Amsakar Ahmad. (Irawan)



Share on Social Media