Batam

Polda Kepri Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Juliadi | Sabtu 01 Jun 2019 12:10 WIB | 1409

Polda Kepri



MATAKEPRI.COM, Batam - Polda Kepri menggelar kegiatan Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila tahun 2019 yang diadakan di Mapolda Kepri, Sabtu (1/6/2019).

Dalam Upacara tersebut, yang menjadi Inspektur Upacara Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. H. Yan Fitri Halimansyah, MH, yang di hadiri Irwasda Polda Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri dan Personil Polda Kepri.

Dikatakan Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Drs S Erlangga, dalam upacara memperingati hari lahir Pancasila 2019 dengan tema " Kita Indonesia, Kita Pancasila".

Sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Ripublik Indonesia, Hariyono yang dibacakan oleh Wakapolda Kepri, menyampaikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa”  merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Lanjut Yan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Yan, menambahkan bahwa proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhineka Tunggal Ika”.

"Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah disebut “Jas Merah”, untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (National Pride), "ujar Yan.

Dikatakan Yan, peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta” oleh “Panitia Kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

Yan, menuturkan dengan merayakan hari kelahiran pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik Pancasila sebagai “Leitstars Dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia. (Adi) 



Share on Social Media