Tanjungpinang, News

Kegiatan BJRB Tahun 2019 Resmi Di Buka Wadalantamal IV

Juliadi | Jumat 05 Jul 2019 16:08 WIB | 4125




MATAKEPRI.COM, Tanjungpinang - Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Wadanlantanmal) IV Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso , S.T., M.Si.,secara resmi membuka upacara pembukaan kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) tahun 2019 yang bertempat di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jalan Yos Sudarso No.1 Batu Hitam, Tanjungpinang Kepulauan Riau, Jumat (05/7). 


Peserta BJRB kali ini dikuti oleh 77 orang peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMP Hang Tuah Tanjungpinang, SMAN 1 hingga SMAN 6 Tanjungpinang, kemudian SMKN 1 sampai SMKN 3 Tanjungpinang.


Selain itu BJRB juga diikuti dari Pramuka Saka Bahari Kabupaten Bintan, Pramuka Saka Bahari Kota Tanjungpinang, Pramuka Saka Bahari Kabupaten Tanjung Balai Karimun, dan tidak ketinggalan Keluarga Besar TNI Angkatan Laut (KBTAL) Tanjungpinang.  


Danlantamal IV dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wadanlantamal IV mengatakan bahwa upacara pembukaan ini merupakan simbolisasi formal. Kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari di Mako Lantamal IV akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari. Nantinya para peserta BJRB akan dibekali dengan berbagai ilmu terkait pembinaan mental perjuangan dan kebaharian.


Selain itu, para narasumber juga akan memberikan  pembekelan berupa pembekalan Bintal Rohani, Bintal Idiologi, Bintal Juang, Pembinaan Jasmani, Kebaharian, Kepemimpinan, Pencegahan Kenakalan Remaja, Penyalahgunaan Hukum dan Pengenalan Olahraga Air dan Panahan.


Danlantamal IV menghimbau kesemuanya ini diarahkan untuk memberikan pengetahuan, ketrampilan dan menanamkan semangat juang serta rasa cinta bahari.


" Sehingga, Bintal Juang Remaja Bahari yang merupakan salah satu bentuk wujud kepedulian TNI Angkatan Laut khusus-nya Lantamal IV merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.


" Yang dikenal dengan salah satu lima pilar utama poros maritim dunia dan tidak mungkin kita akan menguasai  laut kalau kita tidak cinta laut," imbuhnya.


Lebih jauh orang nomor dua di Lantamal IV ini mengatakan bahwa kegiatan BJRB kali ini mengambil tema: ”Membina Mental Juang Remaja Bahari Dengan Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda“. 


"Saya nilai tema ini sangat tepat, karena hal ini sangat penting bagi generasi muda dan diharapkan dapat terwujud melalui kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari yang akan di laksanakan," terang Wadanlantamal IV.


Diakhir amanatnya Wadanlantamal IV menekankan kepada para peserta BJRB dan pendukung yaitu pertama utamakan keselamatan dan keamanan diri kalian masing-masing selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini, dan ikuti setiap kegiatan dengan baik dan penuh kesungguhan, juga gunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya untuk saling mengenal dan berdiskusi, selanjuntya ikuti perintah instruktur dengan penuh disiplin dan keikhlasan.


Baca juga : Pangkoarmada I Di Dampingi Danlantamal IV Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid


“Dansatgas beserta seluruh anggota Satgas, laksanakan kegiatan ini dengan baik sesuai rencana yang telah di tetapkan dan perhatikan keamanan serta keselamatan personel,” tegas Wadanlantamal IV. 


Sebagai informasi, diakhir kegiatan ini para peserta BJRB akan mengunjungi Kapal Perang RI yang tengah bersandar di dermaga Mentigi Tanjung Uban, serta mengikuti pelayaran terbatas dengan menggunakan Kapal Perang TNI Angkatan Laut.


Hadir pada acara tersebut Para Pejabat Utama Mako Lantamal IV, Para Kadis/Dan/Kasatker Lantamal IV, Para Kepala SMAN, SMKN, SMP Hang Tuah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Para Pamen Lantamal IV dan Para Instruktur. (Rilis) 



Share on Social Media