Anambas, News

Sambut HUT TNI AL Ke -74, Lanal Tarempa Gelar Bhakti Sosial Kesehatan

Juliadi | Rabu 04 Sep 2019 09:44 WIB | 822

Pencerahan
Kebijakan
Lantamal
TNI


Anggota Lanal Kepulauan Anambas mengecek kesehatan masyarakat (Foto : Istimewah)


MATAKEPRI.COM, Anambas -- Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut (AL) ke-74, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa menggelar kegiatan bhakti sosial kesehatan di Gedung Napoleon, Markas Komando (Mako) Lanal Tarempa, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (3/9/2019).

 

Kegiatan bhakti sosial merupakan program yang dicanangkan oleh Komando Armada (Koarmada) I khususnya pada bidang pembinaan potensi maritim dan dinas kesehatan, untuk terus meningkatkan peran dan bhakti TNI AL yang mampu menyentuh langsung kepada masyarakat sekitar. 


Sesuai dengan penekanan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I bahwa keberadaan TNI AL khususnya jajaran Koarmada I harus mampu berperan aktif dan memberikan manfaat kepada masyarakat di sekelilingnya secara langsung. 


Dalam sambutannya Komandan Lanal (Danlanal) Tarempa Letnan Kolonel (Letkol) Laut (P) Nur Rochmad Ibrahim, kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama antara Lanal Tarempa dengan Dinas Kesehatan Kab. Kepulauan Anambas. Dalam kegiatan ini akan dilaksanakan bhakti sosial kesehatan berupa Sosialisasi Kesehatan tentang Cacar Monyet dan Pengobatan Umum secara gratis.

 

Pada pelaksanaan kegiatan pengobatan umum, tim kesehatan memeriksa 157 pasien, hasil dari pemeriksaan para pasien tersebut di diagnosa antara lain  menderita bronchitis kronis, myalgia, cephalgia, ispa, dispepsia, low back pain, tinea corporis, dan dermatitis kontak iritan.

 

Sedangkan pada kasus vulnus laceratum post kecelakaan lalu lintas, tim kesehatan menangani satu orang dengan hecting 7 jahitan. Sementara itu, untuk penderita Hipertensi terdiagnosa sebanyak 21 pasien, Screening gula darah  berjumlah 85 pasien dan pasien Diabetes mellitus tercatat 9 orang.

 

Adapun pejabat yang hadir pada kegiatan tersebut dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) KKA, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) KKA, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) KKA, Ka BMKG Anambas, Perwakilan Polres KKA, Perwakilan Kodim Natuna. Hadir pula, Pengurus Cabang 3 Korcab IV DJA I, Prajurit Lanal Tarempa, anggota Jalasenastri, Parikesit dan Bhayangkari di Anambas. (Rilis)