Nasional , News

ini Cara Ubah Format PDF ke Excel Secara Online dan Offline

| Sabtu 05 Oct 2019 11:45 WIB | 1670



Ilustrasi


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Dokumen dengan format PDFbanyak dipakai karena bisa digunakan di semua sistem operasi dan di semua platform digital yang tersedia. Tapi, ada kalanya kalian menerima dokumen berisi tabel atau spreadsheet dengan format PDF tapi butuh untuk diedit.


Padahal, mengedit file PDF secara langsung terbilang cukup rumit. Solusinya adalah dengan mengubah file PDF tersebut ke format XLSX yang digunakan biasa digunakan di Microsoft Excel terlebih dahulu sebelum diedit.


Untuk mengubah file PDF menjadi Excel ada banyak cara yang bisa dilakukan, baik secara online maupun offline. Berikut dua cara mengubah PDF ke Excel secara gratis yang dirangkum detikINET:



1. Secara Online


Keuntungan dari melakukan konversi PDFke Excel secara online adalah bisa kalian lakukan menggunakan berbagai perangkat asalkan terhubung dengan internet. Jadi dengan cara ini kalian bisa mengubah PDF ke Excel menggunakan ponsel Android, perangkat iOS, atau PC.


Saat ini sudah banyak layanan konverter PDF online yang populer di internet. Salah satunya adalah Small PDF.


Cara konversinya pun mudah saja, buka situs https://smallpdf.com/pdf-to-excel di browser ponsel Android maupun PC kalian. Setelah itu klik Choose File untuk memilih dokumen PDF yang ingin diubah.


Kalian juga bisa menggeser dokumen langsung dari Windows Explorer ke browser. Atau mengunggah dokumen langsung dari layanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox.


Tunggu sesaat hingga dokumen selesai diunggah. Kalian akan dihadapkan dengan dua opsi yaitu Convert to Excel dan Convert to Excel with OCR.


Pilih opsi Convert to Excel jika ingin menggunakan layanan mengubah PDF ke Excel secara gratis. Kalian juga bisa memilih opsi Convert to Excel with OCR jika ingin format hasil konversi terlihat lebih rapi, tapi opsi ini hanya tersedia untuk versi Pro yang berbayar.


Setelah memilih opsi tersebut, tunggu sesaat hingga proses konversi selesai. Setelah konversi selesai, file kalian bisa diunduh dan disimpan di ponsel Android atau PC dalam format Excel yang siap untuk diedit.




2. Secara Offline


Untuk mengubah file PDF ke Excel secara offline kalian bisa melakukannya dengan menginstal aplikasi khusus yaitu Foxit Reader. Untungnya, aplikasi ini bisa kalian unduh dengan gratis lewat situs resminya.


Sebelum memulainya, pastikan kalian sudah menginstal aplikasi Foxit Reader di PC atau laptop. Untuk cara ini kalian cukup menggunakan metode copy-paste yang cukup sederhana.


Setelah aplikasi Foxit Reader terpasang di PC atau laptop, buka dokumen PDF kalian yang ingin diubah menggunakan aplikasi tersebut. Setelah itu, blok isi dokumen dengan cara klik tab Home, kemudian Select dan Select text.


Setelah itu blok dan pilih semua teks yang ada di di dokumen PDF kalian. Jika teksnya terlalu banyak, kalian cukup tekan tombol Ctrl+A untuk memilih semua teks secara otomatis.


Klik kanan pada area yang diblok lalu pilih Copy. Selanjutnya, buka aplikasi Microsoft Excel di PC atau laptop kalian.


Klik kanan pada sheet kosong lalu pilih Paste. Untuk menjaga format dokumen tetap rapi dan tidak berubah, pilih opsi Paste Keep Source Formatting.


Setelah itu, teks yang ada di PDF akan tersalin dengan rapi sesuai dengan kolomnya masing-masing. Edit file atau atur formatting jika diperlukan. Jika sudah puas, simpan file tersebut ke PC atau laptop kalian.


Itulah dua cara mengubah PDF ke Excel. Yuk dicoba!


(***)
Sumber : detik



Share on Social Media