Natuna, News, Kepri

Kedatangan Presiden RI di Kabupaten Natuna Disambut Langsung Oleh Kapolda Kepri

Egi | Rabu 08 Jan 2020 23:09 WIB | 2185

Polda Kepri
Presiden RI/Wakil Presiden RI


Kapolda Kepri sambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Foto:ist)


MATAKEPRI.CO.ID BATAM -- Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo beserta rombongan mengunjungi Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau dalam rangka kunjungan kerja pada Rabu (08/01/2020).

Kedatangan Presiden RI disambut langsung oleh Panglima Komandan Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, S.E, M.M., Pangdam I/BB Mayjend TNI M. Sabrar Fadhila, Kapolda Kepri Irjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K., Plt. Gubernur Kepri bpk. H. Isdianto, S. Sos, MM., dan Pangkoopsau Masrda TNI Khairil Lubis.

Dari Lanud Raden Sadjad pada pukul 09.30 wib rombongan Presiden RI bergerak menuju Faslabuh TNI- AL Selat Lampa dengan menggunakan jalur darat, selanjutnya rombongan bertolak menuju Pelabuhan SKPT Selat Lampa Kabupaten Natuna. Presiden RI Ir. H. Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan para nelayan yang berada di 15 Kecamatan di Kabupaten Natuna.

Dalam pertemuan tersebut Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menyampaikan secara tegas bahwa Natuna merupakan wilayah Teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tidak ada istilah tawar menawar tentang hal yang berkaitan dengan Kedaulatan.

"Bahwa tidak ada kapal asing yang masuk dalam teritorial Indonesia yang ada hanya kapal asing yang masuk kedalam perairan ZEE Indonesia, namun harus di ingat jika terdapat kapal nelayan asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia maka akan kita beri tindakan,"ucap Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

"Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa Kabupaten Natuna diharapkan memiliki manfaat yang besar kepada nelayan lokal dan Pemerintahan Pusat. SDA yang ada di Natuna, dapat dimanfaatkan dengan baik serta harus terasa langsung manfaatnya kepada nelayan dan masyarakat Natuna,"sambung Joko Widodo.

Selanjutnya Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan rombongan meninjau Kapal Pengawas Perikanan Dirjen Pengawas Sumber Daya Kelautan dan perikanan dan KRI Karel Satsuitubun – 356.

Selesai meninjau armada tersebut Presiden RI Ir. H. Joko Widodo serta rombongan menuju Kantor Bupati Natuna dan pada pukul 12.45 wib dilaksanakan penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan didampingi Wakil Menteri Agraria dan Tataruang Republik Indonesia / Wakil Ketua Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Bpk. Surya Tjandra.

Pembagian Sertifikat Tanah ini merupakan program Presiden RI untuk masyarakat agar memiliki dasar hukum terkait kepemilikan hak atas tanah, dan dapat dipergunakan dengan baik, sampai ke anak cucu nantinya.

Penyerahan sertifikat tanah diberikan kepada 8 perwakilan penerima dan diberikan langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang didampingi oleh Wakil Menteri Agraria dan Tataruang Republik Indonesia / Wakil Ketua Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bpk. Surya Tjandra, Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto, S.Sos, MM, dan Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si.

"Di Kabupaten Natuna ini seharusnya ada 41.628 bidang tanah yang memiliki sertifikat namun sampai saat ini baru terealisasi  sekitar 60% yakni lebih kurang 26.797 dan sertifikat tanah ini merupakan sebagai tanda bukti atas hukum sehingga tidak ada tumpang tindih,"ungkap Presiden RI.

Pada pukul 14.00 wib Presiden RI beserta rombongan Take Off dari Lanud Raden Sadjad menuju Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta dengan menggunakan pesawat Boeing 737/A-001 Republik Indonesia.(r/egi)



Share on Social Media