Batam, News, Kepri

Di Hari Bhayangkara Ke-76, Jokowi Berpesan Kepada Polri Untuk Kedepankan HAM Dalam Bertugas

Egi | Selasa 05 Jul 2022 13:16 WIB | 756

Polda Kepri
Kejari Batam/Kejati/PN
Gubernur Kepri/Wakil Gubernur
Presiden RI/Wakil Presiden RI


Pelaksanaan upacara Hari Bhayangkara Ke-76 di Mapolda Kepri (foto:Egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Polda Kepri melaksanakan puncak peringatan Hari Bhayangkara Ke-76 dengan pelaksanaan upacara serentak di seluruh Indonesia. 


Pelaksanaan upacara yang digelar di Lapangan Mapolda Kepri dihadiri oleh seluruh PJU Polda Kepri, jajaran Forkopimda dan perwakilan tokoh-tokoh masyarakat di Kepri.


Dalam upacara secara serentak se-Indonesia yang dilaksanakan secara virtual tersebut, inspektur upacara Presiden RI Ir. Joko Widodo akan memimpin upacara secara langsung dari Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah.


Dalam amanat Presiden Joko Widodo, ia mengucapkan selamat hari Bahayangkara ke-76 kepada seluruh jajaran Polri di seluruh Indonesia.


"Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya sampaikan selamat hari Bhayangkara ke-76," kata Jokowi, Selasa (5/7/2022).


Lanjut Jokowi, beberapa hari lalu terdapat hasil survey dari beberapa media yang menyatakan bahwa 58 persen tindakan Polri sudah sesuai dengan Visi-Misi program prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan (Presisi).


"Tapi ingat, ada 42 persen yang belum selesai, setiap kecerobohan apapun dilapangan, sekecil apapun dapat merusak kepercayaan masyarakat. Maka dari itu bekerjalah dengan hati-hati dan bekerjalah dengan Presisi," ujarnya.


Selain itu, dalam amanatnya Jokowi menyampaikan bahwa saat ini Indonesia masih terdapat beberapa permasalahan yang harus diselesaikan. Seperti pandemi Covid-19 serta ketidak pastian global.


"Tugas kita masih banyak, pandemi Covid-19 masih perlu penanggulangan yang serius. Yang ke 2, kita harus waspada atas ketidakpastian global, krisis energi, krisis pangan dan krisis keuangan. Maka dari itu Polri harus terus menjaga khamtibmas di tengah masyarakat," lanjutnya.


Tidak berhenti disitu, Jokowi juga mengingatkan Polri bahwa perkembangan teknologi saat ini semakin pesat. Maka dari itu, diharapkan agar Polri dapat menjaga dan menekan angka kriminalitas berteknologi tinggi dengan cara Polri harus dapat lebih maju.


"Polri harus terus bertransformasi menjadi institusi modern dalam menjalankan tugasnya, Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dalam upaya khamtibmas. Jadikan penegakan hukum menjadi upaya terakhir dan terus kedepankan Hak Asasi Manusia (HAM). Selamat bertugas," pungkasnya, (Egi




Share on Social Media