Batam, News, Kepri

Atasi Penyelundupan Barang Ilegal, BC Batam Gelar Operasi Bersama di Pelabuhan Punggur

Egi | Rabu 02 Nov 2022 21:53 WIB | 609

Bea Cukai
TNI/Polri


BC Batam saat periksa muatan truk di Pelabuhan Punggur (foto:Egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Selama sepekan mulai dari 31 Oktober sampai 6 November 2022, Bea dan Cukai Batam bersama TNI-Polri melakukan operasi bersama di Pelabuhan Roro Telaga Punggur. 


Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikian (Kabid P2) Bea Cukai Batam, Sisprian Subiaksono mengatakan operasi ini dalam rangka pengawasan terhadap barang-barang yang dikeluarkan dari kawasan bebas Batam atau Free Trade Zone (FTZ) 


"Kita melakukan pengawasan karena barang-barang yang keluar dari kawasan bebas masih terhutang bea masuk dan cukai nya," ujar Sisprian di Pelabuhan Roro Telaga Punggur, pada Rabu (2/11/2022) siang.


Lanjutnya, dalam satu hari, petugas melakukan pemeriksaan puluhan kendaraan. Pelabuhan Punggur ini merupakan salah satu jalur utama lalu lintas barang yang akan keluar dan masuk ke Batam.


"Setelah dilakukan pengawasan disini, kemudian akan dilanjutkan oleh rekan-rekan ditujuan. Seperti Tanjunguban, Kuala Tungkal, dan Sei Pakning," bebernya. 


Beberapa hari operasi, kata Sisprian, banyak ditemukan muatan barang berupa ballpress. Untuk mengelabui petugas, muatan tersebut dilaporkan kepada petugas sebagai barang pindahan.


"Modusnya itu barang pindahan. Setelah dicek ternyata ballpress. Maka barang-barang tersebut diamankan ke kantor untuk penyelidikan lebih lanjut," ungkapnya.


Sisprian menambahkan selain pengawasan di pelabuhan, untuk melakukan pengawasan terhadap barang selundupan, BC Batam juga melakukan operasi laut bersama instansi lainnya.


"Sekarang ada Operasi Jaring Sriwijaya yang merupakan operasi gabungan dengan TNI AL, Pol Airud juga. Intinya untuk menangkal penyelundupan," tutupnya.


Sebelumnya, operasi bersama ini juga dilakukan pada Agustus 2021. Dalam operasi selama 2 hari, petugas menindak 2 kendaraan yang diduga melanggar. Kendaraan tersebut membawa 12 pcs kasur bekas dan 12 box polyester resin kit, (Egi



Share on Social Media