Batam, News

BC Batam Selamatkan dan Bebas Liarkan Benih Lobster Jenis Pasir Senilai Rp 9 Miliar

Egi | Minggu 02 Apr 2023 22:21 WIB | 835

Polda Kepri
Bea Cukai


Pelepasan liarkan benih lobster jenis pasir di Pulau Ngual pada Minggu (2/4) sore, foto: egi


MATAKEPRI.COM BATAM -- Benih lobster senilai Rp 9 miliar berhasil diamankan Bea Cukai Batam dan Bea Cukai Tanjung Balai Karimun dalam skema Patroli Jaring Sriwijaya pada Minggu (2/4/2023) pagi di Perairan Pantai Pulau Durian. 


Kepala BC Batam Ambang Priyonggo mengatakan, benih lobster yang berhasil diselamatkan dari penyelundup yaitu sebanyak 60 ribu ekor. 


"Benih lobster jenis pasir senilai Rp 9 miliar ini diangkut menggunakan High Speed Craft (HSC) melalui pelabuhan tikus," ujar Ambang didampingi Kakanwil DJBC Khusus Kepri, Priyono Triatmojo, dan Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi, M. Rizki Baidillah. 




Lanjutnya, saat dilakukan pengejaran, kapal beserta muatan yang tanpa dilengkapi dengan dokumen kepabeanan dan cukai berhasil diamankan. 


"Kapal dan muatan berhasil diamankan, sementara pelaku berhasil kabur dengan cara mengandaskan kapal," ungkapnya. 


Pada sore ini, baby lobster telah dilakukan pelepasan agar tidak mati apabila terlalu lama didiamkan.




"60 ribu benih lobster telah kita lepaskan bersama-sama di perairan Pulau Ngual karena, jika didiamkan berlama-lama, mungkin hanya beberapa jam saja bertahannya oleh sebab itu harus segera dilepaskan," bebernya. 


Pelepasanliar ini juga disaksikan langsung oleh Karantina Perikanan Batam, Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam serta Marinir Batam. 


Kakanwil DJBC Khusus Kepri, Priyono Triatmojo juga menambahkan, kita komitmen untuk memerangi perdagangan yang ilegal. 




"Dengan sinergitas bersama, kita berharap kedepannya tidak ada lagi kegiatan-kegiatan yang sifatnya ilegal," kata Priyono. 


Lanjutnya, dengan adanya Patroli Jaring Sriwijaya ini dapat mengurangi kegiatan-kegiatan ilegal diperairan kita. 


"Bukan hanya di daerah kita saja, di daerah lain juga sedang menjalani patroli ini agar seluruh laut di Indonesia menjadi aman," imbuhnya (egi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media