Batam, Pendidikan

836 Mahasiswa Baru Uniba Ikuti PKKMB Tahun 2023, Ini Pesan Prof Indrayani kepada Para Mahasiswa

Juliadi | Rabu 11 Oct 2023 17:40 WIB | 682

Perguruan Tinggi/Sekolah
Pendidikan
Siswa/Mahasiswa



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023 di Universitas Batam (Uniba), Provinsi Kepulauan Riau secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Batam Prof. Indrayani S.E., M.Si., M.M., Ph.D, yan berlangsung di gedung Graha Bintang, Universitas Batam, Rabu (11/10/2023).


Pembukaan PKKMB Uniba ini turut dihadiri Wakil Rektor I, Dr. Idham; Wakil Rektor III, Dr. Gita Indrawan, Dr. Bambang Satriawan dan Moderator Dr. Ns. Ana Faizah. 


Dalam sambutannya, Prof Indrayani mengatakan, tema PKKMB tahun 2023 yakni PKKMB 2023 menjadikan mahasiswa sebagai agent of change yang berkarakter dan berdaya saing global di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.


Dijelaskannya, Universitas Batam saat ini telah memiliki 5 Fakultas terdiri dari Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK), Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Kedokteran (FK). 


"MPPB tahun 2023 diselenggarakan untuk mahasiswa baru pada program S1, kita punya 21 program studi terdiri dari 15 S1, S2 dengan program studi perencanaan wilayah, hukum dan akuntansi serta S3 dengan studi program manajemen Sumber Daya Manusia," ujar Prof. Indrayani. 


Ia juga menjelaskan, ilmu pengetahuan di Universitas Batam diberikan oleh dosen-dosen yang profesional dalam bidangnya dan telah diakui layak untuk menjadi seorang dosen.


"Ilmu yang diberikan kepada para anak-anakku mahasiswa baru akan menjadi bekal yang memberikan manfaat, mengenyam pendidikan di Uniba tidak hanya sekedar membawa ijazah tetapi skill terutama di bidang komunikasi, intergritas, tanggung jawab kerjasama tim yang dapat menentukan keberhasilan seseorang," ungkapnya. 


Selain itu, Indrayani berharap, seluruh mahasiswa baru program belajar S1 dapat lulus tepat waktu dengan mengikuti ketentuan serta peraturan dari Dikti.


"Saya berpesan, kepada mahasiswa baru dapat belajar lebih giat, capai cita-cita dan jangan lupa selalu membawa nama baik Universitas Batam. Uniba merupakan Universitas terbesar di Kepri dan satu-satunya Universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran terakreditasi unggul," jelasnya. 


Sementara itu, Ketua Panita M. Rainbow Perdana menambahkan, kegiatan PKKMB tahun 2023 di Universitas Batam dimulai sejak tanggal 10 hingga 13 Oktober yang diikuti sebanyak 835 mahasiswa baru.


"Dari jumlah tersebut, jurusan prodi terbanyak dari Fakultas Kedokteran. Karena Fakultas Kedokteran Uniba merupakan prodi unggulan serta terakreditas," tuturnya.


Hampir setiap tahunnya, katanya, mahasiswa baru Fakultas Kedokteran terus bertambah. Pada tahun sebelumnya, jumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran Uniba sebanyak 130 mahasiswa dan tahun ini mencapai 153 orang.


"Faktor akreditasi dari baik sekali menjadi unggul mempengaruhi jumlah mahasiswa baru. Hal itu, tentu memberikan dampak yang sangat baik dalam dunia pendidikan," jelasnya.


Ia menyampaikan, penerimaan mahasiswa baru di Universitas Batam sangat terbuka untuk umum. Bahkan, dari Sabang hingga Merauke calon mahasiswa dapat mendaftar di Uniba.


"Tahun ini ada tigay mahasiswa berasal dari Kabupaten Puncak Jaya, Papua dengan jurusan Fakultas Kedokteran," tambahnya. 


Secara teknis, kegiatan PKKMB di Universitas Batam berlangsung di dalam ruangan dengan fokus pengembangan karakter.


"Saat ini kita sudah tidak menggunakan lagi budaya Orientasi di lapangan maupun senioritas. Fokus kami, bagaimana kita mengembangkan karater dengan harapan dapat menjadi agent of change yang berkarakter dan berdaya saing global di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0," tutupnya. (*) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media