Batam, News, Pendidikan

Ujian Terbuka, AKP Leonardo Lakukan Penelitian Sampel Lemak Ledakan Bom

Egi | Selasa 09 Jan 2024 19:53 WIB | 1355

Perguruan Tinggi/Sekolah
Pendidikan
Ujian Terbuka
Penelitian


Istimewa


Matakepri.com Batam - Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) akan menggelar ujian terbuka promosi doktor ilmu kedokteran FKUI pada Kamis (11/1/2024) mendatang di Aula Gedung Imeri FKUI.


Dalam pelaksanaan ujian terbuka promosi doktor ini salah satu pesertanya akan diikuti oleh AKP dr. Leonardo, Sp.FM dengan mempresentasikan hasil penelitiannya secara langsung.


Dengan judul disertasi, Pengaruh Ledakan Bom High Explosive Terhadap Sampel Jaringan Lemak Untuk Pemeriksaan DNA Forensik Kajian Terhadap Sampel Ekstrem dan Minimal Tepat pada Pusat Ledakan.


"Penelitian ini merupakan sampel pemeriksaan baru. Biasanya yang dijadikan untuk sampel yaitu organ-organ atau jaringan yang berinti seperti otot, tulang, darah, gigi, dan sebagainya," kata Leonardo Selasa (9/1/2024) siang.


Lanjutnya, selama ini khususnya untuk bagian lemak selalu terabaikan karena kualitasnya tidak terlalu baik bagi para ahli. 


"Untuk itu saya melakukan penelitian tentang lemak ini, karena lemak ini justru sesuai dengan literasi yang bermanfaat dan bisa digunakan sebagai sampel pemeriksaan," ungkapnya .


Contoh sampel lemak yang bisa dilakukan dalam penelitian seperti lemak yang diakibatkan karena ledakan bom.


"Walaupun lemak itu terkena ledakan bom, berdasarkan hasil penelitian yang saya lakukan, hasilnya masih cukup bagus untuk dijadikan sampel. Untuk itu kedepannya lemak bisa menjadi salah satu pilihan," bebernya.


Untuk itu dalam ujian terbuka promosi doktor ilmu kedokteran FKUI, AKP dr. Leonardo, Sp.FM akan mempresentasikan hasil penelitiannya mengangkat kasus ledakan bom sebagai objek penelitian di laboratorium.


"Sampel lemak memang bukan menjadi pilihan utama, karena lemak mengandung DNA hanya sedikit. Tetapi persentase tubuh manusia komposisinya besar dan berpotensi untuk menjadikan opsi pilihan ke depan," pungkasnya.(Egi)


Redaktur: ZB




Share on Social Media