Batam, Pendidikan

Profesor Samsul Rizal Terpilih Sebagai Rektor Uniba

Juliadi | Selasa 26 Mar 2024 19:12 WIB | 534

Perguruan Tinggi/Sekolah
Pendidikan



Matakepri.com, Batam -- Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal., M.Eng., IPU., ASEAN., Eng terpilih sebagai Rektor  Universitas Batam (Uniba) dengan masa periode 2024-2028, sertijab Rektor Uniba ini dilaksanakan di gedung Rumengan Hall Batam Center, Selasa (26/3/2024).


Pelantikan Rektor baru ini dipimpin oleh Pengawas Yayasan Griya Husada Uniba yakni Rusli Muhammad yang di saksikan langsung oleh Ketua Yayasan Griya Husada Batam yakni, H. Dr. Rusli Bintang.


Acara pelantikan pimpinan Uniba ini juga dihadiri pejabat Gubernur Provinsi Kepri yaitu, Dr. Andi Agung, S.E., M.M selaku kepala dinas pendidikan Provinsi Kepri, selaian itu di ikuti para sivitas akademi Uniba yang diantara nya hadir, Warek-I Prof. Dr. Ir. Chablullah Wibisono, M.M; Warek-II Dr.Angelina Leonora Rumengan,vS.Kom., M.M.Si; Warek-III, Dr. Mohamad Gita Indrawan, S.T., M.M dan Kepala LPPM Uniba, Dr. Malahayati Rusli Bintang, BSc., MPH serta Dekan Fakultas dan Ketua Program Studi dari setiap Prodi di Lingkungan Uniba.


Dalam sambutan nya sebagai Rektor baru di Universitas Batam, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal., M.Eng., IPU., ASEAN., Eng mengatakan, akan terus berbenah mengembangkan pelbagai aspek sesuai visi dan misi membawa perubahan akreditasi unggul untuk seluruh program studi yang ada di Uniba.


"Bisnis kita adalah pendidikan tinggi,bisnis kita yang terutama bagaimana meningkatkan mutu pendidikan tinggi sehingga dipercaya oleh anak-anak kita dan orangtua yang menitipkan anak nya,untuk mendapatkan pengajaran dan pengetahuan dari para pengajar di Uniba," ujar Profesor Samsul Rizal.


Sebelum menjabat sebagai Rektor Universitas Batam, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal dipercaya dua periode memimpin Universitas Syiah Kuala di Aceh.


Berdasarkan catatan singkat nya profesor Samsul Rizal merupakan putra kelahiran Idi Rayeuk Aceh Timur, 8 Agustus 1962.


Ia menamatkan Strata-2 nya di Master of Mechanical,vTohoyasi University of Technologi, Jepang, kemudian menyelesaikan program doktor di bidang Struktural Integrity Jepang. 


Samsul Rizal menambahkan sejak menjadi Rektor Unibersitas Syiah Kuala banyak pencapaian yang diraih Unsyiah, salah satunya nilai akreditasi institusi yang nilai C berhasil meraih nilai A dalam waktu terbilang cukup singkat.


Mengakhiri sambutan nya Profesor Samsul Rizal mengajak seluruh sivitas akademi dan para karyawan Uniba untuk bersatu padu mengembangkan program studi menuju unggul.


"Siapapun Rektor dan sehebat apapun Rektor nya tidak akan mengubah apapun,jika tidak ada komitmen dan integritas bersama,hal ini dimulai dari jabatan yang paling sederhana hingga yang paling tinggi di jajaran Uniba," jelasnya.


Hal senadah juga disampaikan oleh Pengawas Yayasan Griya Husada Batam, Rusli Muhammad menegaskan agar seluruh karyawan di lingkungan Uniba lebih memperhatikan tugas dan fungsi nya untuk mengedepankan loyalitas terhadap kinerjanya.


Disela acara pelantikan Rektor Uniba,Gubernur Provinsi Kepri melalui kepala dinas pendidikan, Dr. Andi Agung, S.E., M.M menyampaikan rasa syukur atas keberadaan Universitas Batam yang telah banyak mendidik dan menghantarkan para alumni nya menjadi pejabat dan pimpinan di sejumlah institusi.


Andi Agung juga berharap kehadiran Uniba juga dapat menyasar untuk para pelajar putra-putri yang berasal dari Provinsi Kepri yang berada jauh,seperti di Kabupaten Natuna, Lingga dan Anambas untik dapat bergabung guna berkuliah di Universitas Batam yang memiliki sejumlah pilihan program studi yang terakreditasi seperti: Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi & Bisnis,l dan Program Pascasarjana yaitu: Magister Akuntansi, Magister Ilmu Hukum & Magister Kenotariatan, Magister Manajemen dan Magister Perencanaan Wilayah.


Selain itu Uniba juga memiliki strata tiga yaitu program doktor manajemen sumber daya manusia. (A S Siagian) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media