Batam, News

Antisipasi Cuaca Ekstrim, Unit SAR Brimob Polda Kepri Laksanakan Siaga Bencana

Egi | Rabu 17 Apr 2024 07:56 WIB | 916

Polda Kepri
Banjir/Bencana alam
Lingkungan Hidup
Brimob Polda Kepri


SAR Brimob Polda Kepri cek lokasi sering terjadinya banjir (foto:ist)


Matakepri.com Batam - Unit SAR Satbrimob Polda Kepri melaksanakan siaga bencana dalam rangka penanggulangan bencana yang bisa terjadi kapan saja, Rabu (17/4/2024).


Komandan Satuan Brimob Polda Kepri Kombes Pol Muhammad Faishal Aris melalui Danyon A Pelopor Kompol Darmin mengungkapkan, akhir-akhir ini cuaca hujan dan angin kencang menyelimuti di sebagian wilayah Kepri. 


"Kondisi ini sangat rawan akan terjadi dampak lingkungan seperti banjir, angin puting beliung dan pohon tumbang yang tentu saja dapat membahayakan masyarakat," kata Darmin. 




Lanjutnya, untuk mengantisipasi hal ini, Unit SAR Satbrimob Polda Kepri menyelenggarakan Apel Kesiapsiagaan dalam rangka penanggulangan bencana.


Pada kesempatan tersebut, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memastikan kesiapan personel yang didukung dengan peralatan dan kendaraan. 


"Sehingga apabila dibutuhkan, kita siap kapanpun juga," ungkapnya.


Setelah apel dilanjutkan dengan kegiatan patroli ke tempat-tempat yang rawan banjir dan yang membutuhkan kehadiran Brimob yaitu di perumahan daerah Sagulung.




"Di perumahan Sagulung sering terjadinya banjir dan daerah tersebut juga sering terlihatnya munculnya buaya," bebernya.


Danyon A Pelopor menambahkan, bahwa kegiatan patroli ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, sekaligus memberikan transfer informasi dan edukasi kepada masyarakat (transformer) tentang bahaya banjir termasuk menindaklanjuti keluhan warga karena sering melihat buaya yang muncul di perumahan.


"Kita menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan karena dapat mengakibatkan penyumbatan air dan akan mengakibatkan banjir. Serta menjaga putra-putrinya untuk tidak berenang di sungai saat musim hujan tiba," pungkasnya (Egi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media