Batam

Karya PT Bandar Abadi Ship Builder & Dry-Dock Siap Diluncurkan

| Selasa 11 Jul 2017 17:37 WIB | 4556



Kapal oil tangker MT Zaleha karya PT Bandar Abadi yang segera diluncurkan


MATAKEPRI.COM, Batam - Kapal Oil Tanker MT Zaleha, karya dari PT Bandar Abadi Ship Builder & Dry-Dock, yang merupakan perusahaan galangan kapal di Batam. 

Direncanakan, Kapal Oil Tanker MT Zaleha yang merupakan pesanan khusus dari PT Pelayaran Umum Indonesia ( Pelumin), sebuah perusahaan pelayaran dari Jakarta yang merupakan mitra perusahaan PT Pertamina (Persero) ini, Rabu (12/7/2017) siap diluncurkan.

Kepada Kepri Media Group, Direktur PT. Bandar Abadi Ship Builder & Dry-Dock Maslina Simanjuntak mengatakan bersyukur kapal ini dapat diselesaikan. Soalnya, ramai dibicarakan kondisi ekonomi kota Batam saat ini lesu.

"Kami masih memperkerjakan kurang lebih 600 orang karyawan. Bahkan beberapa tenaga skill dari beberap perusahaan besar shipyard ataupun offshore yang sedang pailit saat ini beralih dan menerapkan keahliannya ke PT Bandar Abadi," kata saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/7/2017).

Dikatakanya lebih jauh, di bulan Juli 2017 ini, perusahaan galangan yang berada di Sekupang ini  kami akan launching-kan setidaknya tiga kapal di waktu yang berbeda. Adapun ketiga kapal tersebut adalah kapal berjenis Oil Tanker MT Zaleha milik PT Pelayaran Nasional Indonesia, Harbour Tug milik PT Pertamina Trans Kontinental dan Kapal Kontainer 100 Teus MV Kendhaga Nusantara 1 yang merupakan milik Kementerian Perhubungan RI, Kapal Kontainer ini merupakan salah satu kapal program Tol Laut yang akan dioperasikan di bagian timur Indonesia.

Seperti diketahui, PT Bandar Abadi Ship Builder & Dry-Dock merupakan perusahaan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) berdiri pada tahun 2001 sebagai industri galangan kapal di Kota batam, Kepulauan Riau yang mengkonsentrasikan bisnisnya pada pembuatan/pembangunan dan perbaikan/perawatan kapal.

PT Bandar Abadi Ship Builder & Dry-Dock memiliki luas area 380.000 M2 dengan panjang bibir pantai kurang lebih 700 meter serta memiliki kedalaman laut kurang lebih 10 meter. sangat memungkinkan membangun/membentangkan kapal dari berbagai jenis dan ukuran kapal. Disamping itu juga, PT Bandar Abadi memiliki SDM yang memiliki keahlian dalam teknik pembangunan ataupun perbaikan kapal.

PT Bandar Abadi Ship Builder & Dry-Dock memiliki Graving Dock (Dok kolam) dengan ukuran 202 meter x 39 meter x 7,5 meter digunakan untuk sarana Perbaikan/perawatan kapal dengan kapasitas menampung kapal hingga 70.000 DWT dalam satu waktu perbaikan. (dede)



Share on Social Media