Bintan

Besok, Kampung KB di Kecamatan Teluk Bintan Akan Diresmikan.

Maman | Rabu 27 Sep 2017 23:07 WIB | 2925




MATAKEPRI.COM, Bintan - Target Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan agar seluruh kecamatan di Kabupaten Bintan memiliki Kampung KB ( Keluarga Berencana ) akan direalisasikan besok Kamis(28/9/2017). 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan , Perlindungan Anak , Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bintan Drh. Kartini, M.Si saat dihubungi , Rabu pagi (27/9) menjelaskan, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan akan kembali meresmikan satu lagi tambahan Kampung KB yang berlokasi di Dusun Tanah Merah Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan. 

"Rencananya besok kita akan kembali meresmikan Kampung KB di Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan. Tahun 2016 sudah ada 1 kampung KB, Tahun 2017 kita targetkan setiap Kecamatan satu kampung KB, sehingga total target 11 Kampung KB yang kita ingin wujudkan di Kabupaten Bintan " ujarnya. 

Ditambahkannya juga, bahwa selain meresmikan Kampung KB rencananya juga akan dilaksanakan kegiatan Pelayanan KB Gratis untuk semua metode kontrasepsi serta pelayanan pemeriksaan IVA ( Inspeksi Visual Asam Asetat ). 

"Sesuai gagasan Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Hj Deby Apri Sujadi , kita juga akan menggelar Pelayanan KB Gratis dan Pelayanan Pemeriksaan IVA bagi masyarakat, yang nantinya berguna bagi deteksi dini Kanker Serviks " ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos saat ditemui di Ruang Kerja Kantor Bupati Bintan menuturkan bahwa  seyogyanya tujuan pembentukan Kampung KB, bukan saja untuk mensukseskan program Keluarga Berencana, namun lebih kepada proyeksi jangka panjang dalam rangka  meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. 

Menurutnya, dalam Kampung KB ini juga akan disusun perencanaan pembangunan desa yang meliputi pembangunan disegala bidang seperti kesehatan, pendidikan serta sosial kemasyarakatan. Dan untuk dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan tersebut, di kampung KB akan dilakukan optimalisasi semua perangkat dan institusi masyarakat desa, untuk bersama-sama membangun desa.

"Seperti yang disampaikan Kepala BKKBN Pusat beberapa waktu lalu di Jakarta, tujuan pembentukan kampung KB, tidak hanya untuk mensukseskan Program KB, seperti 2 anak cukup, dan pemakaian kontrasepsi, namun lebih dari itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang menjadi sasaran pembentukan Kampung KB ” tutupnya.(Bob)



Share on Social Media