Karimun

Bupati Karimun : Seluruh ASN dan Lingkungan Pemkab Karimun Akan Pakai Batik Karimun

Maman | Jumat 13 Oct 2017 16:57 WIB | 2795



Bupati Karimun H Aunur Rafiq, saat diwawancarai awak media usai menghadiri Lounching dan mengukuhkan Pengurus Dekranasda


MATAKEPRI.COM, Karimun  - Setelah Dekranasda Karimun resmi melouncing Batik Karimun, seluruh jajaran dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, maupun instansi Vertikal serta instansi lainya di Kabupaten Karimun, akan menggunakan atau memakai Batik khas asal Karimun (Batik Karimun). 

Hal itu disampaikan oleh Bupati Karimun H Aunur Rafiq, Jumat (13/10/2017) di Ballroom Padimas Hotel Aston Kabupaten Karimun, usai menghadiri dan melakukan pengukuhkan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Karimun untuk periode 2016-2021.

Dikatakan, selain jajaran Pemkab Karimun, untuk Korpri, Sekolah-sekolah maupun Perbankan Negeri maupun swasta juga akan mengikuti program yang telah dicanangkan untuk menggunakan atau memakai Batik Karimun, khususnya pada hari Kamis atau hari-hari tertentu .

"Untuk 2018, Aparatur Sipil Negara (ASN), Korpri maupun perbankan, serta Sekolah-sekolah, sudah menggunakan motif batik Karimun, khususnya pada hari Kamis," ungkapnya.

Untuk perbankan yang ada di Karimun, swasta maupun milik pemerintah, telah menyetujui penggunaan batik khas Karimun. Sedangkan untuk dunia pendidikan, PGRI dan Sekolah-sekolah, dalam waktu dekat ini, Bupati akan melakukan rapat dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun.

"Dalam waktu dekat, akan dilakukan rapat dengan Kadisdik, agar PGRI danvSekolah-sekolah akan menggunakan batik yang telah kita patenkan ini, " jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Aunur, ini merupakan peluang bisnis yang terbuka bagi para wirausaha maupun wiraswasta untuk bisa menjadikan motif Batik Karimun, sebagai salah satu usaha bagi mereka para pelaku wirausaha maupun wiraswasta.

"Katakanlah mereka membuat nanti, mungkin untuk pakian ataupun bahan , diambil dari luar Karimun. Tetapi pembuatan cetak motif batiknya, di Karimun," tambahnya.

Dengan itu, akan mempermudah akses untuk kebutuhan Instansi Vertikal, instansi lingkungan Pemkab Karimun maupun Perbankan. Sehingga nantinya, melalui Dekranasda Karimun, dapat dilakukan hubungan akses Batik-Batik cantik khas Kabupaten Karimun yang sudahvdi PATEN kan itu.

"Saya mohonkan kepada semua teman-teman media untuk dapat mempromosikan bahwa di Kabupaten Karimun, sudah ada Batik Khas yang sudah dilounching dan di Patenkan dengan kemesisnya. Mudah-mudahan dengan lounching ini, Dekranasda dan Disperindag Kabupaten Karimun, dapat berdampingan," harapnya. (Hasian).



Share on Social Media