Batam

Berkaf Untuk Para Pengusaha Baru Dan Pelaku Usaha Kreatif

Juliadi | Kamis 01 Mar 2018 12:04 WIB | 1338




MATAKEPRI.COM, Batam - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan Workshop yang bertema "Get Funded", Get Funded ini di adakan untuk menfasilitasi para pengusaha yang baru mau merintis (Startup) maupun para pelaku usaha kreatif (Ekraf), Rabu (1/3/2018) di Hotel Harmoni One Lantai 3.

Berkaf sendiri telah menfasilitasi lebih dari 150 Startup maupun pelaku usaha Ekraf.

Get Funded, merupakan pelatihan Capacity Building untuk Demand Side, yaitu Startup dan pelaku usaha Ekraf untuk meningkatkan kesiapan untuk mengakses permodalan dari sumber pembiayaan non perbankan sesuai fase usaha.

Berdasarkan data dari BPS, sekitar 90% Startup maupun pelaku usaha Ekraf menggunakan modal sendiri saat membangun usaha dan 0,66% modal dari venture capital yang mereka akses.

"Kontribusi Ekraf pada PDB nasional naik dari tahun ke tahun, PDB Ekraf tumbuh 4,95% tahun 2016. Di awal permasalahan usaha adalah modal sendiri, pada pengembangan bisnis permasalahan adalah mengakses sumber pembiayaan. Sehingga Workshop ini kami gelar untuk memenuhi kebutuhan Demand Side untuk dalam meningkatkan kesiapan mereka mendapatkan investasi, "ucap Syaifullah, Direktur Akses Non perbankan Bekraf.

Menurut Syaifullah, Berkaf adalah lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggungjawab di bidang ekonomi kreatif, Berkaf sendiri saat ini di jabat oleh Triawan Munaf. 
Nalin Singh, seorang pengarang buku yang berjudul" Get Funded Now" menjelaskan hal yang harus di persiapan Startup maupun pelaku usaha Ekraf untuk mendapatkan investasi.

"Bagaimana anda mengharapkan investor mengambil resiko untuk menyalurkan pembiayaan kepada anda? Anda harus memenuhi jawabannya untuk mendapatkan investor, "jelas Nalin Singh.

Nalin Singh, juga menegaskan trigger untuk bisa di terapkan dalam mengakses pembiayaan non perbankan. Perilaku Startup maupun pelaku usaha Ekraf terhadap sumber pembiayaan non perbankan,misalnya investor sangat berpengaruh pada investasi.

Haris Abdullah, perwakilan dari Orbit Venture, juga menambahkan Berkaf ini untuk menambah pengetahuan tentang upaya mendapatkan pendanaan dari investor. 
Berkaf mempunyai tugas membantu presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengkoordinasikan dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi, dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, perikanan laut, seni pertunjukan, Seni rupa dan televisi dan radio. (Rilis/Juliadi) 



Share on Social Media