Property, News

Baru Diresmikan, Warga Pergoki Pencuri Baut-Kabel di Jembatan Siak IV

| Senin 15 Apr 2019 15:32 WIB | 5890



Jembatan Siak IV (Istimewa)


MATAKEPRI.COM, Pekanbaru - Warga Pernah Pergoki Pencuri Baut-Kabel di Jembatan Siak IV namun belum berhasil menangkap pelakunya. Tokoh masyarakat mengutuk aksi pencurian baut di jembatan Siak IV di Pekanbaru. Warga sekitar akan turut membantu mengamankan dari aksi pencurian baut.

Pak Ujang itu sapaan akrabnya dari pemilik nama Jhoni Eris (64) warga Jl Pesisir, Kecamatan Rumbai Pesisir. Rumah Pak Ujang ini tidak berada di sekitaran jembatan Siak IV yang posisinya di Kecamatan Rumbai Pesisir. 

"Beberapa kali saya menyaksikan pencurian besi dan kabel antipetir di jembatan Siak ini dan mereka pun pergi," cerita Ujang kepada awak media, Senin (15/4/2019).


Image result for jembatan Siak IV

Jembatan Siak IV


Cerita Ujang, kawasan jembatan ini memang rawan akan pencurian. Apa lagi malam hari tidak ada penerangan di bawah jembatan. Setidaknya dia sudah dua kali menggagalkan rencana aksi pencurian di posisi jembatan yang ada di sekitaran rumahnya itu.

"Saya pernah tegur orang yang akan menggali pondasi tiang jembatan. Mereka itu mau ambil besinya," kata Ujang.

Selain itu, Ujang juga pernah menggagalkan rencana pencurian kabel antipetir. Pelakunya saat itu berusaha membuka kabel yang terpasang di philon (tiang utama).

"Saya waktu itu melihat ada orang yang otak atik kabel antipetir itu. Saya tegur, nanti kami mati sendiri kesambar petir. Akhirnya orangnya pergi. Saya tak kenal orangnya," kata Ujang.

Menurut Ujang, secara pribadi dia siap untuk mengamankan kawasan jembatan yang berdekatan dengan rumahnya. Dia juga akan mengajak warga lainnya.

"Saya mengutuk keras atas tindakan aksi pencurian itu. Saya selama ini sering mengawasi tapi tentunya hanya pagi sampai sore saja. Kalau malam, tentulah saya tak mampu," kata Ujang.

Ujang memperkirakan, aksi pencurian baut dilakukan pada malam hari. Ini karena di bawah jembatan malam hari tanpa penerangan.

"Ya kalau bisa pemerintah memberikan penerangan di bawah jembatan agar mudah diawasi. Inikan gelap, kita kira juga orang pacaran di bawah jembatan, tak taunya malah pencuri," kata Ujang yang sudah menetap di kawasan itu sejak tahun 1969 lalu.

Sebagaimana diketahui, 100-an baut di jembatan Siak IV yang baru diresmikan Maret 2019 lalu itu banyak dicuri. Kondisi hilangnya baut jembatan tentunya bisa membahayakan konstruksi.

Saat ini pihak Dinas PUPR Riau sudah memesan baut penggantinya. Diperkirakan dua atau tiga hari ini baut tersebut sudah sampai di Pekanbaru. Kasus pencurian baut ini juga sudah dilaporkan ke pihak kepolisian. 

(**)

Sumber : detik



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait