Batam, News, Kepri

Satgas Pangan Polda Kepri Pastikan Bahan Pangan Tercukupi Sampai Awal Tahun

Egi | Minggu 29 Dec 2019 20:48 WIB | 2209

Polda Kepri


Kepala Disperindag Kota Batam Gustian Riau (baju putih) saat rilis bahan pangan di Polda Kepri (foto:Egi)


MATAKEPRI.COM, Batam - Mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok dan ketersediaan stock sampai akhir tahun 2019 dan awal tahun baru 2020, Tim Satgas Pangan Polda Kepri bersama dengan Disperindag Kota Batam melakukan pemantauan langsung pasokan dan perkembangan harga barang di lapangan.


Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Kepri Kombes Pol Hanny Hidayat mengatakan ketersedaian bahan pokok harus memberikan suatu jaminan, yang mana di Kepri harus ada, dan siap di kontribusikan langsung ke masyarakat.


"Untuk bahan pokok ada tiga subsistem, yang pertama ketersediaan, yang kedua pendistribusian, dan yang ketiga konsumsi,"ucap Dirkrimsus Polda Kepri Kombes Pol Hanny Hidayat didampingi oleh Humas Polda Kepri AKBP Harry Goldenhardt saat konferensi pers di Mapolda Kepri pada Minggu (29/12).


"Untuk bahan pokok kebutuhan harian, barang ini kalau sampai kemasyarakat harus pas waktunya, jangan sampai busuk dan lain-lainnya,"tambahnya.


Dari satgas pangan menjamin ketersediaan bahan pokok untuk tahun baru dilakukan dengan baik dan lancar, sehingga nanti pendistribusian kepada masyarakat di terima dengan baik.


Ada beberapa kendala yang dihadapi tim Satgas pangan dalam penstabilan dan untuk memenuhi kebutuhan di Provinsi Kepri.


"Yang pertama, Kepri bukan penghasil bahan pokok, sehingga mesti masuk dari daerah luar seperti Jawa dan Sumatera, yang kedua harga bahan pokok saat diketahui di lapangan masih dalam keadaan stabil, namun ada pedagang yang berbuat curang, untuk menaikan harga usai kita lakukan sidak,"ungkapnya. 


"Selanjutnya, harga pangan di tempat lain ada yang berbeda-beda, yang dipengaruhi karena sewa tempat berbeda,"sambungnya.


Selanjutnya Kepala Disperindag Kota Batam Gustian Riau mengatakan, semua kebutuhan bahan pokok sampai akhir tahun tidak ada masalah, untuk masalah di lapangan sudah kita selesaikan dengan baik,"ucap Gustian Riau.


Disperindag dan Pemerintah Kota Batam juga telah melakukan sembako murah untuk masyarakat secara berkeliling se-Kecamatan Kota Batam.


"Terkait dengan pemasukan bahan pokok, jangan ada hambatannya untuk masuk ke Kota Batam, karena bahan pokok tidak bertahan lama, jadi kita harap kerjasamanya dengan Bea Cukai dan Karantina,"tuturnya.


Kadis Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mardanis juga menambahkan, Dinas Pangan berkewajiban dan memastikan stok pangan cukup di Kota Batam, ini dilihat dari hasil data kita setiap bulan yang sangat cukup.


"Namun yang harus di antisipasi adalah harga telor, daging ayam, sayur, cabe, karena dia setiap di hari besar selalu mengalami kenaikan,"ucap Mardanis.


"Kita juga lakukan pengembangan, untuk cabe dan sayur kita sudah melakukan penanaman. Sudah hampir mencapai 20 persen dari lokal. Untuk kedepannya kita harus memiliki stok lebih,"tambahnya.


Tim Disperindag sudah melaksanakan operasi pasar, dan menghimbau kepada distributor untuk tidak menimbun kebutuhan pokok dan pangan.


"Kita sudah cek kelapangan dan juga sudah melaporkan setiap hari harga di lapangan ke Pusat dengan tujuan kita hanya untuk menjaga kestabilan harga d Provinsi Kepri,"tutupnya (eag)



Share on Social Media