Nasional , News, Kesehatan

Para Penumpang dan Kru Kapal World Dream Negatif Virus Corona

| Selasa 25 Feb 2020 09:53 WIB | 2617



Kapal pesiar Word Dream. (Ist)


MATAKEPRI.COM JAKARTA -Operator kapal pesiar Dream Cruises menghentikan sementara kegiatan operasional kapal pesiar World Dream dari Hong Kong sejak 9 Februari 2020.


Departemen Kesehatan Hong Kong telah mengonfirmasi bahwa semua penumpang dan anggota kru yang berlayar saat pelayaran terakhir negatif virus corona. 


Kondisi kesehatan mereka diperiksa secara ekstensif, juga melalui pemeriksaan suhu tubuh.


    • Baca juga : Jumaga : WNI sehat silakan Observasi di Natuna, Untuk yang Sakit Harus Disembuhkan Dulu


Hasil ini membuat kapal pesiar World Dream mendapatkan sertifikasi bebas virus corona dari Departemen Kesehatan Pelabuhan di Hong Kong.


Dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com pada Minggu (23/2/2020), Dream Cruises mengaku telah memelihara standar kebersihan dan sanitasi serta berkomitmen untuk menjaga kesehatan semua penumpang dan anggota kru.


Sejak penghentian operasional sejak 9 Februari 2020 lalu, tidak ada penumpang yang berada di atas kapal pesiar milik Dream Cruises.


Dream Cruises bekerja sama dengan otoritas regional untuk fasilitasi perpindahan dan pemulangan anggota kru ke negaranya masing-masing.


Hal ini juga bertujuan untuk mempersiapkan kegiatan operasional selanjutnya dan aktivitas dry-dock (mengosongkan dan membersihkan kapal pesiar).


World Dream saat ini sedang melepaskan jangkar di perairan internasional di dekat Kepulauan Bintan.


Sebanyak 188 anggota kru asal Indonesia nantinya akan dipindahkan dari kapal World Dream ke kapal TNI Angkatan Laut.


Selain itu, sebagai tindakan pencegahan tambahan nantinya pemerintah Indonesia akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan prosedur observasi bagi anggota kru asal Indonesia yang sudah dipindahkan.



(***)
Sumber Kompas.com



Share on Social Media