Batam, News, Pariwisata, Kepri

Bertema Metaphor of Life, Artotel Batam Pamerkan Lukisan Abstrak Seniman Yanas Kosel

Egi | Rabu 16 Nov 2022 21:11 WIB | 1160

Hotel/Cafe & Resto
Lukisan
Pameran
Abstrak


Seniman Yanas Kosel memperlihatkan dan menjelaskan tentang arti Seniman (foto:Egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Untuk yang kedua kalinya Artotel Batam menyuguhkan karya seni lukis untuk memanjakan para tamunya. 


Kali ini lukisan Abstrak yang ditampilkan yaitu dari seniman Yanas Kosel yang berasal dari Kota Bandung. 


Agenda Art Exhibition tersebut merupakan kolaborasi pertamanya dengan Yanas Kosel. Seniman yang lahir di Bandung pada 1978 silam ini.


Tema lukisan pada pameran tunggalnya kali ini adalah 'Metaphor of Life'. Baginya, mengungkapkan kosa kata artistik kontemporernya sendiri yang dijiwai dengan citra metaforis yang meneguhkan hidup.




Sales Marketing Manager Hotel Artotel, Maria Risky menuturkan, sebagai hotel yang memiliki konsep seni budaya. Tentunya, pihaknya akan terus berupaya berkolaborasi dengan para seniman yang ada di Indonesia. Menurutnya, agenda Art Exhibition akan dilakukan sebagai wadah para seniman untuk mengenalkan karya mereka. 


“Kolaborasi dengan seniman lukis ini merupakan kali kedua sejak dibukanya hotel yang berlokasi di Kawasan Penuin, Lubukbaja, Kota Batam. Art Exhibition Schedule merupakan kegiatan rutin pergantian lukisan pada Artotel yang tetap, kegiatan ini dilakukan setiap 3 bulan sekali,” ungkapnya usai kegiatan pameran berlangsung pada, Selasa (15/11/2022). 


Lanjut wanita yang akrab disapa kiki tersebut, pihaknya melakukan pergantian lukisan setiap tiga bulan sekali. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan semata-mata untuk memberikan ruang tersendiri bagi pengunjung hotel yang penikmat seni, khususnya seni lukis.


"Pengaruh terhadap kunjungan tamu pada priode pertama cukup signifikan, oleh sebab itu, kami konsisten memberikan space buat tamu untuk menikmati lukisan yang ada di sini," jelasnya.


Kiki juga mengatakan, dipilihnya Yanas Kosel untuk mengisi ruang Art yang ada di Artotel merupakan rekomendasi dari coorporate group hotel itu sendiri. Di samping itu, karya-karya Yanes Kosel dinilai juga sangat cocok dengan konsep yang diusung oleh Artotel.




"Untuk kali ini, Artotel bekerjasama dengan Yanas Kosel, ini juga rekomendasi dari coorporate kami. Sebagai solo Exhibition, Yanas Kosel juga mempunyai ciri khas tersendiri dalam berkarya," katanya.


Sementara itu, Yanas Kosel memaparkan, ini merupakan pameran tunggal ketiganya. Ia memberikan apresiasi untuk Artotel karena telah memberinya ruang sebagai seniman yang telah berkecimpung di Indonsesia selama 20 tahun. 


“Ini merupakan kolaborasi pertama kami dengan Artotel, kami memilih untuk melakukan pameran tunggal di kota Batam agar para Wisman bisa melihat lukisan kami,” ujarnya. 


Yanas Kosel juga menjelaskan, tatanan kehidupan akan selalu berada dalam wilayah tesis dan antitesis. Sebagai satu kesatuan paket dinamika kehidupan yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan manusia. Sehingga menjadi sebuah anomali naratif dari dinamika kehidupan yang disebut 'Metafor Kehidupan'.


Sudut pandang estetika seni rupa, tertuang dalam susunan garis, bidang, dan warna yang terintegrasi dalam komposisi, gestur, tekstur, sapuan kuas, intensitas dan aksen yang selaras secara dinamis. Hingga menjadikan sebagai semiotika kehidupan itu sendiri, yang sarat drama alur cerita dan sejarah abadi selama keberadaan manusia itu masih ada.


"Eksistensi manusia dalam menghayati metafora kehidupan akan selalu berusaha diterjemahkan ke dalam berbagai makna. Baik yang bersifat religius, kultural, ilmiah hingga estetika, yang kesemuanya merupakan bentuk usaha manusia untuk memvisualisasikan makna Metafora Kehidupan, hal ini yang kami ungkapkan dalam sebuah karya lukisan," pungkasnya, (Egi



Share on Social Media