Karimun

BC Lakukan Operasi Patroli Terkoordinasi Antisipasi Penyelundupan

| Kamis 07 Sep 2017 14:45 WIB | 3183



Tim gabungan operasi patroli


MATAKEPRI.COM, Karimun - Operasi Patroli Terkoordinasi Kastam Indonesia Malaysia (Operasi PATKOR KASTIMA), adalah tindakan untuk penguatan Kepabeanan dan Cukai mengantisipasi tindak penyeludupan. Tindakan ini dilakukan dengan langkah taktis dan sinergis, Kamis (07/09/2017)

Upacara peresmian Operasi PATKOR KASTIMA yang dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Bea Cukai, dan dihadiri oleh Kastam (Bea Cukai) Malaysia, Kejaksaan, TNI, POLRI, dan BAKAMLA, di pangkalan sarana operasi Bea Cukai Tipe A, Tanjung Baloi Karimun - Provinsi Kepulauan Riau.

Operasi Patroli Laut Bea Cukai secara sinergis ini merupakan langkah antisipasi untuk peningkatan kewaspadaan pengawasan laut sebagai efek digencarkannya program Penertiban Impor Berisiko Tinggi (PIBT) di pelabuhan utama.

Dalam sambutannya Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pamudi menyampaikan, Operasi ini melibatkan dua negara serumpun antara Indonesia dan Malaysia, guna mengamankan perairan Selat Malaka dari tindakan ilegal yang merugikan dan mengancam kedua negara.

"Dan operasi kali ini merupakan yang ke-23 kalinya yang terbangun sejak tahun 1994, yang mana merupakan bukti eratnya hubungan bilateral dalam bidang Kepabeanan dan Cukai". Terangnya

Untuk mendukung operasi ini, Bea Cukai Indonesia mengerahkan 10 kapal patroli dengan 140 personel dan Kastam Diraja Malaysia mengerahkan 9 kapal patroli dengan 90 personel.

Dari 10 kapal patroli operasi PATKOR KASTIMA yang dikerahkan Bea Cukai Indonesia, terdiri dari 4 speed boat, 5 fast patrol boat 28 meter, dan 1 fast patrol boat 60 meter.

Kapal tersebut akan beroperasi dari tanggal 7 September hingga 21 September 2017, mulai dari perairan (Indonesia) Kuala Langsa, Belawan, Tanjung Balai Asahan, Tanjung Sinaboy, Tanjung Parit hingga Batam, perairan (Malaysia) Langkawi, Pulau Pinang, Lumut, Pelabuhan Klang, Port Dickson, Muar hingga Sungai Pulai.

Dari pantauan wartakepri.co.id di lapangan upacara peresmian pembukaan PATKOR KASTIMA 23A/2017, berjalan khidmat meskipun sempat diguyur hujan dan selanjutnya ditutup dengan penampilan Custom Narkotic Team Bea Cukai Kepulauan Riau dalam menangani perederan narkoba dari para penyeludup. (kmg)



Share on Social Media