Batam, News, Kepri

Kementan Apresiasi Batam Karena Kinerja Ekspor Meningkat

Egi | Rabu 09 Oct 2019 10:23 WIB | 1803

Ekspor/Impor


Kepala Barantan Ali Jamil mengapresiasi kinerja ekspor produk pertanian, (Foto:Egi)


MATAKEPRI.COM,Batam - Kinerja ekspor komoditas pertanian dari Provinsi Kepulauan Riau terutama yang melalui unit pelaksana teknis Karantina Batam, pada triwulan ke 3 tahun 2019 menunjukkan tren peningkatan, Rabu (9/10)


Untuk frekuensi ekspor tercatat meningkat hingga 38,8 persen, yaitu sebanyak 2.102 kali pada 2019. Jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 1.515 kali pada periode yang sama.


"Kami mengapresiasi kinerja ekspor produk pertanian asal Batam. Terlebih yang diekspor bukan produk mentah, tapi sudah diolah sehingga dapat memberi nilai tambah," kata Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil saat lakukan monitoring Tempat Pemeriksaan Lain Karantina di gudang pemilik industri olahan tembakau di Batam.


Menurut Jamil, sesuai dengan persyaratan negara tujuan ekspor, pihaknya memberikan jaminan kesehatan dan keamanan produk pertanian berupa Surat Kesehatan baik bagi tumbuhan maupun hewan. Guna mempercepat proses bisnis ekspornya, rangkaian tindakan pemeriksaan karantina dilakukan di gudang pemilik. Selain untuk mempercepat waktu arus barang saat di pengiriman, pemeriksaan dapat lebih efektif dan akurat karena dilakukan sebelum produk di kemas.


"Ini sesuai dengan instruksi Mentan, Barantan selaku fasilitator perdagangan pertanian harus kawal eksportir. Permudah dan beri layanan Karpet Merah," tambah Jamil.


Lanjutnya, upaya percepatan layanan yang diberikan baik Barantan maupun oleh instansi terkait telah membuahkan hasil. Hal ini terlihat selain dari peningkatan frekuensi eksportasi, beberapa tolak ukur capaian ekspor juga mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan. 


Diantaranya seperti jumlah eksportir komoditas pertanian yang meningkat dari 408 pelaku pada tahun lalu kini menjadi 447 pelaku atau naik sekitar 9,6%. Dari sisi keberagaman produk juga mengalami peningkatan sebesar 24,1% dari 224 komoditas, menjadi 278 produk.


Sedangkan tonase ekspor komoditas pertanian dari Kepulauan Riau yang disertifikasi Karantina Batam juga meningkat sebanyak 4,5% yaitu sebanyak 438,5 ton hingga periode September pada tahun ini, atau setara dengan Rp. 13,4 triliun.


"Memang ini membanggakan, namun tolak ukur yang sesungguhnya adalah kesejahteraan petani, jadi kami mengajak agar ini terus dikembangkan, terutama dengan menjaga 3K yaitu, menjaga kualitas, kuantitas dan kontinuitas," tutupnya. (EAG).



Share on Social Media