Otomotif, Lifestyle, Batam, News, Mata Foto, Batam

Beberapa Hal Penting Berkendara Saat Hujan Tiba

| Senin 25 Nov 2019 17:28 WIB | 2790



Pengguna jalan yang berkendaraan dengan sepeda motor di saat hujan turun. (Foto : Agung)


MATAKEPRI.COM, Batam - Safety riding atau cara berkendara dengan aman dan nyaman tentunya menjadi proritas dalam perjalanan. Terlebih lagi, saat musim hujan telah tiba, yang selalu datang secara tiba-tiba.


Meskipun demikian, Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) selalu memberikan peringatan dini di sejumlah provinsi di Indonesia terkait prakiraan cuaca dan juga gelombang tinggi yang berpotensi terjadi, para pengendara harus tetap selalu dalam keadaan siaga.


Dengan musimbpanas yang telah berganti dengan musim penghujan tersebut, Ketua Yamaha Raider Federation Indonesia (YRFI) Kepulauan Riau (Kepri) Angga Syahbana Putra membagikan beberapa tips berkendara yang aman saat musim penghujan.



Cek kondisi Motor


Alangkah lebih bagus nya apabila sebelum melakukan atau memukia perjalanan, untuk terlebih dulu mengecek kondisi kendaraan yang akan di gunakan.


Pengecekan yang di lakukan pun bisa meliputi bensin, air radiator, klakson, lampu utama, lampu sign, Kondisi ban, kampas rem dan yang terakhir kondisi rantai.


"Kita pastikan semua nya aman, dan berfungsi dengan normal, jangan sampai ada masalah dengan kendaraan ditengah perjalanan," Kata Angga, pria yang kesehariannya lebih suka menggunakan motor tersebut.


"Pengecekan ini menjadi poin terpenting sebelum memulai perjalanan ," Imbuhnya



Membawa Jas Hujan


Penggunaan jas hujan untuk para pengendara sepeda motor memang terbilang sangat penting, apalagi disaat musim hujan, tidak bisa terlepas dari kendaraan roda dua..


Para pengendara juga harus memilih mantwr atau jas hujan yang cocok dan nyaman untuk di gunakan, tapi tetap aman dan sesuai dengan standar.


Pengunaan mantel yang pas dan nyaman tentunya diharapakan tidak mengganggu konsentrasi dalam berkendara dan tidak menggangu konsentrasi pengendara lain.


"Kalau kita paksakan menggunakan jas hujan yang tidak nyaman, pasti akan mengurangi konsentrasi berkendara. Jadi alangkah baiknya jika kita persiapkan dan gunakan jas hujan yang pas untuk badan kita," Saran nya.



Tetap Patuhi Rambu Lalu Lintas


Karena mematui rambu lalu lintas bagi semua pengguna jalan tidak mengenal cuaca, walau pada musim hujan ataupun musim panas.


Baik pada saat di trafick light, Speed Limit, ataupun rambu lalulintas lainnya. Karena hal tersebut harus me jadi darmsara oagiboara pengguna jalan, gara bisa tercipta lalu lintas yang baik dan aman dan lancar.


"Karena setelah kita bisa mengendarai kendaraan bermotor, hal yang perlu di ketahui adalah memahami semua rambu lalulintas," Ucap Angga.



Penggunaan Anti Flog


Cairan anti Fog sangat di butuhkan oleh para pengendara saat akan memulai perjalanan, terlebih lagi pada penggunaan kendaraan roda dua yang memakai helm. Karena helm tersebut sering mengembun pada saat berkendara di waktu hujan.


Pemberian cairan anti Fog pun dapat dilakukan sebelum memulai perjalanan, dan bila sudah mendesak bisa juga di gunakan pada saat hujan sudah turun.


"Akan Lebih baik oleskan sebelum berangkat. Apalagi berkendara jarak jauh. Ini penting biar pandangan gak terhalang oleh embun di visor atau kaca helm," saran nya.



Berteduh Jika Hujan Deras


Apabila jika hujun turun dengan sangat deras, akan sangat di anjurkan bagi pada Bikers untuk berlindung terlebih dahulu, namun hal ini juga bisa menyesuaikan lingkungan, kekuatan tubuh dan juga jarak pandang saat berkendara.


Tapi apabila hujan yang sangat dears tersebut di sertai dengan petir dan angin, akan lebih di saran kan untuk terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan nya.


"Lebih baik berhenti di rest area. Kondisi seperti ini bukan hanya saat hujan lebat turun, tapi kalau kondisi badan kurang fit, Istirahat menjadi pilihan terbaiknya," Tegas nya.


Dengan memperhatikan lima hal tersebut tentunya para pengendara bisa lebih aman dalam perjalanan di kondisi hujan deras yang tengah terjadi. (AM)



Share on Social Media