Batam, News

Puluhan Ribu Masyarakat Tinggalkan Kota Batam Pasca Arus Mudik Nataru

Egi | Senin 30 Dec 2019 22:35 WIB | 1839



Bandara Hang Nadim Batam (Istimewa)


MATAKEPRI.COM, Batam - Sebanyak 73.916 orang pergi meninggalkan Kota Batam pasca arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) melalui Bandara internasional Hang Nadim Batam.


"Data penumpang pesawat yang pergi meninggalkan Batam ini terhitung mulai H-7 hingga H+1,"ucap Direktur Badan usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso pada Senin (30/12/2019).


"Sementara untuk jumlah penumpang yang datang ke Batam dari berbagai kota sebanyak 70.711 orang,"sambungnya.


Suwarso menambahkan, untuk per harinya jumlah penumpang yang berangkat rata-rata diangka 8.212 penumpang.


Sementara itu, puncak arus mudik natal jatuh pada Sabtu  (21/12/2019) lalu, yakni tembus diangka 9.297 penumpang.


"Sebaliknya, lonjakan penumpang arus balik, Suwarso memperkirakan terjadi mulai Jum'at (3/1/2020) mendatang,"ungkap Suwarso.


Menurut Suwarso, dibandingkan dengan tahun 2018 lalu, arus mudik natal tahun ini mengalami kenaikan yang tidak signifikan.


"Hal itu terlihat bahwa tidak adanya penambahan maskapai penerbangan, bahkan hingga saat ini belum ada yang mengajukan extra,"tuturnya.


Lebih jauh, untuk peningkatan penjagaan, pihaknya melakukan double check saat keberangkatan para calon penumpang.


"Kita tetap fungsikan dua pintu, bahkan kita juga melakukan double chek, semoga hal ini dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan," ujarnya.


"Sementara untuk lansia dan disabilitas yang ikut dalam melakukan mudik, kita sudah mempersiapkan jalur khusus dan fasilitas penunjang lainnya, seperti bantuan kursi roda,"tutupnya (eag)



Share on Social Media