Batam

Ketua Dekranasda Kota Batam Promosikan Batik Ikan Marlin ke Luar

Juliadi | Kamis 13 Feb 2020 10:54 WIB | 3283

UKM


Ketua Dekranasda Kota Batam, Hj. Marlin Agustina Rudi, Rabu (12/2/2020). Foto : Adi/MK


MATAKEPRI.COM BATAM -- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam Hj. Marlin Agustina Rudi kini giat mempromosikan Batik Ikan Marlin, yang merupakan batik khas Kota Batam.


Hal tersebut disampaikan oleh Hj. Marlin Agustina Rudi, Rabu (12/2/2020) saat Pembukaan Pelatihan Batik Tingkat Pemula dan Lanjutan Tahun 2020 di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Batam.


Ia menyampaikan, bahwa ada enam jenis motif batik ikan Marlin yakni motif Marlin Dua Alam, Cengkrama Marlin, Ikan Marlin Berseri Gonggong Menari, Ikan Marlin Gelombang Berseri, Marlin Terumbu, dan Marlin Berlak.


Ia mengatakan bahwa Ikan Marlin ini sudah mendapatkan pengakuan hak cipta karya seni batik dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual.


Menurutnya ia sedang gencarnya mempromosikan batik ikan Marlin, karena Batik Ikan Marlin hanya ada di Kota Batam saja dan promosi batik Batam ini juga sudah merambah ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan negara lainnya.


Ia menuturkan, bahwa Batik ini diproduksi oleh pengrajin binaan Dekranasda Kota Batam dengan warna-warna cerah khas Batam, seperti merah, kuning, hijau, lanjutnya. (Adi) 



Share on Social Media