Batam

Alamak... 30 Perusahaan Telah Tutup Dalam Kurun Wakti 10 Bulan, Kini Giliran PT Sanmina Juga Tutup

Maman | Jumat 06 Oct 2017 21:33 WIB | 10260



Rudi Sakyakirti kadisnaker Kota Batam


MATAKEPRI.COM, Batam - Di Kota Batam sudah ada 30 perusahaan tutup dalam kurun 10 bulan, mulai Januari 2017 hingga Oktober 2017. Tutup nya perusahaan - perusahaan tersebut bisa di karenakan hengkang ke negara lain atau di sebabkan sepi orderan. Salah satu kabar terbaru adalah tutup nya PT Sanmina. 

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja saat dikonfirmasi matakepri, memang PT Sanmina sudah tutup dari selasa (3/10/2017). 

"PT Sanmina memang sudah tutup, akan tetapi pihak perusahaan belum memberikan laporan resminya ke kita, "ucap Rudi Sakyakirti. 

"Dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja tak bisa melarang perusahaan tersebut tutup. Yang terpenting, hak-hak karyawan diselesaikan dengan baik," ucapnya kembali. 

Perusahaan - perusahaan yang tutup itu, lanjutnya, ada yang sepi orderan atau bisa juga perusahaan tersebut pindah kenegara - negara lain yang biaya operasionalnya lebih rendah.

Di sisi lain pengaruh krisis global yang tidak hanya terjadi di Batam, tetapi juga di kota - kota lain atau provinsi - provinsi lainnya.

"Mana bisa kita larang-larang mereka tutup kalau memang sudah ada tak lagi pekerjaan. Ya, kami hanya bisa mengimbau ke BP Batam. Permudah perizinan," tegas rudi".

Adanya kabar tutup nya PT Sanmina tersebut juga di benarkan oleh Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono. 

"Memang sudah dua tahun ini perusahaan tersebut tak ada pesanan, ya jadinya tutup. Tapi belum ada surat resmi terkait penutupan ini ke Pelayanan Terpadu Satu pintu," tegas purnomo". (Juliadi)



Share on Social Media