Batam

Keamanan Bandara Hang Nadim Di perketat, Batam Rawan Penyelundupan Narkoba

Juliadi | Sabtu 06 Jan 2018 13:27 WIB | 2871

Bandara/Pelabuhan



MATAKEPRI.COM, Batam - Bandara Hang Nadim Batam memang tempat yang paling rawan dalam penyelundupan Narkoba, seperti kasus yang pernah terungkap sepanjang tahun 2017 lalu, pihak Bandara kini melakukan ekstra hati - hati karena para pengedar melakukan dengan berbagai cara.

Kasus terakhir di tahun 2017, Kamis (28/12/2017) lalu penyelundupan sabu seberat 2047 gram , dimana empat kurir dalam kasus ini didapati membawa sabu masing-masing sebanyak lebih dari 500 gram.

General Manager Operasional Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Mengungkapkan, saat ini baru mewajibkan penumpang bandara yang memakai sepatu boot membuka sepatu ketika melewati pintu pemeriksaan. 

Namun pengawasan terhadap penumpang yang tidak memakai sepatu boot tetap dilakukan, meskipun tidak sampai mengharuskan untuk dibuka. 

Kita sudah wajibkan, tapi untuk penumpang yang memakai sepatu boot, untuk yang lain tetap kita awasi, kalau mencurigakan akan kita minta untuk dibuka" ujar Suwarso, Sabtu (6/1/2018). 

Menurut Suwarso, kebijakan tersebut merupakan instruksi langsung dari Kementerian Perhubungan yang telah dilaksanakan sejak 2016 lalu.

"Kita sebut itu SCP, pada SCP pertama kita lihat gelagat penumpang dulu. Setelah kita tandai. Kita minta dibuka pada SCP kedua. Di pintu ini kita wajibkan membuka sepatu boot, yang mencurigaakan juga kita minta buka di sini" kata Suwarso. 

Bandara Hang Nadim itu sendiri memiliki dua pintu pemeriksaan yang bisa mendeteksi barang terlarang. Dari masing-masing pintu, pemeriksaan dilakukan secara bertingkat, dimana pemeriksaan di pintu terakhir dilakukan lebih ketat. (Juliadi) 



Share on Social Media