Batam

Antisipasi Transaksi di Bulan Ramadhan, BI Optimalkan Distribusi dan Persediaan Uang Tunai

Maman | Senin 21 May 2018 00:04 WIB | 1703



Silaturahmi dan buka puasa bersama antara BI dengan wartawan di Hotel Raddison ( 20/05/2018).


MATAKEPRI.COM, Batam - Dalam rangka Bulan suci Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 2018 Bank Indonesia mengantisipasi kebutuhan transaksi  masyarakat dengan mempersiapkan sistem pembayaran tunai dan non tunai, dengan cara mengoptimalkan distribusi dan persediaan uang tunai di Bank Indonesia ( BI ) Perwakilan Kepri.

Demikian keterangan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau Gusti Raiza Eka Putra pada acara silaturahmi dan buka puasa bersama antara BI dengan wartawan di Hotel Raddison ( 20/05/2018).

Pada periode Ramadhan dan Idul Fitri umumnya terjadi peningkatan kebutuhan akan uang tunai sebagai dampak dari peningkatan transkasi di masyarakat yang dipengaruhi cuti bersama dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional ( HBKN ).

Menurut Gusti Raiza, Bank Indonesia siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang tunai, dalam periode Ramadhan dan Idul Fitri Bank Indonesia Kepulauan Riau  telah mempersiapkan layanan Kas selama periode tersebut, baik melalui jaringan Kantor Bank Indonesia maupun jaringan perbankan.

Adapun strategi yang ditempuh Bank Indonesia dengan meningkatkan distribusi dan persedian uang di Kantor Pusat dan Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia, meningkatkan Layanan Kas kepada Stakeholder, dan Kerja sama Penukaran dengan Perbankan dan Pihak Lain.

"Kami akan meningkatkan persedian uang kas diseluruh satuan kerja kas, kami juga akan membuka layanan penukaran Uang Pecahan Kecil melalu Bank Indonesia jangkau di Anambas dan termaksud daerah 3T ( Terdepan, Terluar, dan Terpencil ) yang akan bekerja sama dengan BPD Riau Kepri ", ungkap Gusti.

Di Batam sendiri akan ada 37 titik penukaran uang yang dilakukan oleh 37 Bank. Gusti Raiza juga menghimbau kepada masyarakat agar menukar uang di tempat - tempat penukaran resmi oleh Bank Indonesia perwakilan Kepri. Bank Indonesia juga mendorong masyarakat untuk memperlakukan dan merawat Rupiah dengan baik melalui 5 JANGAN ( Jangan dicoret, Distepler, Diremas, Dibasahi dan Dilipat )

"Saya juga menghimbaukan kepada Perbankan untuk tetap mengoptimalkan pengelolaan uang dan menjaga ketersediaan uang tunai di seluruh ATM khususnya menjelang Idul Fitri ", tutur Gusti Raiza.(iwan) 



Share on Social Media