Batam

Kolaborasi Pramuka Batam, PT Epson, Dukung Program Konservasi dan Pariwisata

Juliadi | Senin 12 Apr 2021 11:05 WIB | 1460

Pariwisata


Ketua Harian Kwarcab Kota Batam dan juga Sekda Kota Batam Jefridin Hamid


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Perairan Batam dianugerahi sebagai habitatnya Penyu Sisik. Menjaga satwa yang hampir punah tersebut diperlukan pengelolaan kolaboratif semua pihak.


Hal ini disampaikan Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Batam, Jefridin Hamid, saat acara penyerahan program Corporate Social Responbility (CSR) PT. EPSON Batam di Pulau Karas Kecil, Minggu (11/4/2021).


"Atas nama Pramuka Kwarcab Kota Batam dan Pemko Batam, saya ucapkan terimakasih kepada PT EPSON yang telah menyisihkan CSR-nya untuk lingkungan, dalam hal ini konservasi satwa langka yakni Penyu. Ahamdulilah masyarakat kita juga peduli terkait satwa ini, terimakasih Pak Bujang dan bapak ibu Pulau Karas," ucap Jefridin.


Bujang merupakan warga asli Pulau Karas yang aktif menjaga habitat penyu di pulau ini. Jefridin tidak lupa menyampaikan salam Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad yang juga Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Batam yang tidak bisa hadir karena kegiatan lain.


Jefridin mengungkapkan komitmen Pramuka untuk terus andil dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Tidak terkecuali kegiatan-kegiatan dalam menjaga lingkungan. "Karena ini adalah salah satu program kami untuk bangkitkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan," ungkap dia.


Ia menyampaikan, selain menjadi habitat penyu, Pulau Karas Kecil yang termasuk dalam wilayah Kelurahan Karas Kecamatan Galang ini merupakan destinasi bahari yang menarik. Pulau tersebut memiliki pantai yang berpasir putih, pohon kelapa, juga didukung air yang sangat jernih. Tidak hanya itu, juga terdapat menara suar (mercusuar) berusia 135 tahun atau dibangun tahun 1886 silam, yang hingga kini masih kokoh berdiri.


"Pulau sangat menarik menjadi destinasi wisata. Mungkin di sini dijadikan tempat penelitian penyu juga rekreasi," imbuhnya.


Ia mendorong kerja bersama membangun daerah ini semakin ditingkatkan. Seperti diketahui, Pemko Batam tengah gencar melakukan berbagai pembangunan. Terlebih,  pemerintah pusat juga mendorong hal yang sama guna memulihkan ekonomi karena diterpa Pandemi Covid-19. 


"Kita tak boleh berdiam diri. Alhamdulillah  hari ini kita wujudkan kolaborasi itu dalam tindakan yang nyata. Epson, Pramuka dan masyarakat gerak bersama. Semoga banyak lagi CSR yang ikut terlibat, kolaborasi  perlu dalam rangka membangkitkan ekonomi," terangnya.


Selain penyerahan CSR, kegiatan ini juga ditandai penandatanganan MoU PT. EPSON Batam dan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Batam tentang pelaksanaan konservasi penyu di Pulau Karas Kecil. Juga pelepasan kembali penyu-penyu yng terjebak di kelong nelayan.


Manajer Facility Service and Environment PT EPSON Batam, Dedi Novera, mengungkapkan keterlibatan PT EPSON Batam dimulai dengan survei pertama Juni 2020 lalu. Dari survei tersebut, pihaknya lantas membuat program CSR terkait penangkaran penyu.


"Setelah disetujui oleh manajemen dari PT EPSON, kami mulai menyiapkan segala sesuatu termasuk edukasi kepada masyarakat pada survei kedua, Maret lalu," kata Dedi.


Adapun bantuan terkait program ini meliputi  papan informasi satu unit, kerangkeng penetasan telur penyu berbahan stainless enam unit, kolam asimilasi satu unit serta dana operasional monitoring.


Ia menyampaikan sejumlah harapan PT EPSON Batam melalui program ini. Pertama, melestarikan keanekaragaman hayati khususnya dalam Konservasi Penyu sebagai salah satu hewan yang di lindungi dan hampir punah. Kedua, sebagai program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan taraf pendapatan khususnya bagi masyarakat Pulau Karas, dengan menjadikan Pulau karas kecil sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Batam.


Ketiga, agar masyarakat pulau Karas utamanya yang telah ditunjuk sebagai penanggung jawab kegiatan ini agar lebih termotifasi untuk menjaga fasilitas yang telah diberikan. Terakhir, agar kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan oleh PT EPSON Batam, melainkan bisa menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan ekosistem dan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.


"Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan menyukseskan program CSR PT. Epson Batam, khususnya Pemerintah Kota Batam dan Masyarakat Pulau Karas," pungkasnya. (r/Adi) 



Share on Social Media