Natuna

HORE... Honda Guru Swasta di Natuna Dibayar

| Jumat 03 Feb 2017 15:12 WIB | 3316



Ilustrasi


MATAKEPRI.COM, Natuna - Honor daerah (honda) untuk guru swasta di Natuna segera dibayarkan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

Ketua DPRD Natuna, Yusripandi mengatakan, tahun ini pemerintah dan DPRD menganggarkan honor ini. "Ya mereka juga harus dapat perhatian," kata Yusri di kantornya kepada wartawan belum lama ini.

Yusri menyebutkan, dulu guru-guru swasta di Natuna rutin mendapatkan honor daerah melalui saluran dana hibah yang dianggarkan pemerintah.

Menurutnya, guru-guru itu tidak dapat menerima honor dari daerah bukan lantaran kemampuan anggaran, melainkan lebih ke arah regulasi yang tidak membolehkan pemerintah menyalurkan anggaran untuk mereka.

"Persoalannya bukan karena tidak ada anggaran atau pun pemerintah tidak mau menganggarkannya, tapi aturannya yang tak membolehkan. Aturan yang tidak membolehkannya setiap tahun. Kita boleh menganggarkan satu kali saja dan tidak boleh berturut-turut," papar Yusri.

Dengan begitu, pemerintah menganggarkan untuk honor guru itu melalui dua jalur yakni jalur hibah dan operasional sekolah.

"Makanya tahun ini kita anggarkan melalui hibah dan operasional sekolah. Saya kurang ingat berapa besaran yang dianggarkan, yang jelas kalau tidak salah masing-masing guru dapat nerima Rp. 1 juta setiap bulan. Mudah-mudahan semua berjalan lancar," tutupnya.(parman)



Share on Social Media